Sering Bangun Kesiangan? Coba Cara Mudah Bangun Pagi Ini Yuk!

Menghilangkan kebiasaan buruk bangun kesiangan dengan menerapkan beberapa cara mudah bangun pagi yang efektif dapat meningkatkan produktivitas, kesehatan fisik dan mental serta peluang kesuksesan seseorang. 

bangun kesiangan

Nampaknya bangun awal di pagi hari kerap menjadi masalah sulit bagi beberapa orang. Kondisi ini tentunya tidak patut dipertahankan dan harus di ubah sesegera mungkin. Mengapa? karena kebiasaan bangun kesiangan dapat memberikan beberapa efek negatif, mulai dari kehilangan waktu produktif hingga dapat memicu timbulnya gangguan kesehatan.

Nah, untuk membuang sejauh mungkin kebiasaan ini, cobalah terapkan beberapa cara mudah bangun pagi seperti berikut ini.

Tips Cara Mudah Bangun Pagi Setiap Hari

1. Buatlah Rutinitas Pagi yang Menarik

Terkadang orang-orang yang bangun kesiangan karena merasa tidak ada aktivitas menarik yang dapat dilakukannya di pagi hari sehingga lebih memilih untuk tetap terus melanjutkan tidurnya bahkan hingga matahari berada di tengah kepala.

Untuk mengubahnya, maka mulailah membuat catatan kecil mengenai beberapa kegiatan di pagi hari yang dirasa menarik dan dapat dijadikan sebagai rutinitas. Misalnya seperti berolahraga ringan, membaca koran, internetan ataupun menonton acara di televisi.

2. Belajar Mencintai Pagi Harimu

Bagaimana jika esok pagi menjadi pagi harimu yang terakhir? Menyedihkan bukan. Semua orang rasanya memiliki keinginan agar dapat hidup selama mungkin bersama orang-orang terkasih.

Oleh karena itu, belajarlah mencintai pagi harimu dengan bersyukur dan tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menikmati indahnya pagi bersama keluarga atau pasangan tercinta. Jika perasaan ini ditanamkan dengan sungguh-sungguh, niscaya tak ada lagi istilah bangun kesiangan dalam kamus hidupmu.

3. Patuhi Alarm Ketika Berbunyi

Kegagalan bangun awal di pagi hari juga kerap disebabkan oleh kebiasaan menunda-nunda waktu bangun dengan mematikan alarm sementara. Padahal kebiasaan seperti ini justru membuat tubuh semakin lemas juga lesu. Akhirnya dapat disangka, niat hati untuk bangun pagi lagi-lagi kandas.

Hal terbaik yang harus dilakukan ialah dengan bangun segera ketika alarm berbunyi. Letakkan alarm di tempat yang jauh dari jangkauan agar mau tidak mau membuat kita tergerak untuk bangun dari tempat tidur.

4. Biarkan Cahaya Pagi Mengawali Harimu

Mematikan lampu ketika tidur di malam hari memang sangat dianjurkan. Namun ketika terbangun usahakan sesegera mungkin menghidupkan lampu dan membuka tirai jendela kamar. Cara mudah bangun pagi ini dapat membantu menghilangkan rasa kantuk. Disamping itu, cahaya pagi dari matahari juga dapat mengangkat mood, sehingga kita pun dapat mengawali hari dengan penuh semangat.

5. Nikmati Secangkir Kopi atau Teh

Untuk mengekang keinginan diri untuk terus berada di bawah selimut, minumlah kopi atau teh tanpa pemanis sesaat setelah terbangun. Kandungan kafein dalam minuman tersebut terutama kopi, dapat memompa otak melepaskan senyawa kimia seperti serotonin dan dopamin yang mampu meningkatkan mood, energi juga fokus.

6. Tidur Lebih Awal

Hilangkan kebiasaan begadang di malam hari dan mulailah membiasakan diri untuk tidur lebih awal. Kebiasaan begadang terus menerus dapat mengganggu jam biologis tubuh dan membahayakan organ tubuh.

Seseorang yang terbiasa begadang dan kurang tidur biasanya memiliki kulit yang pucat, keriput dan nampak lebih tua. Akibat dari penambahan kadar kortisol yang memperlambat produksi kolagen.

Semakin cepat tidur semakin cepat pula terbangun di pagi hari. Pikiran pun akan jauh lebih fresh dan jernih. Pastikan dalam sehari kita mendapatkan 6-8 jam waktu untuk tidur.

7. Motivasi Diri

Jangan bergemul terus-menerus dengan rasa malas, cobalah untuk memotivasi diri agar dapat berbuat lebih baik lagi setiap harinya. Seseorang yang memiliki kebiasaan bangun di pagi hari cenderung lebih sukses. Mengapa? karena mereka menghargai waktu dan memanfaatkan waktu yang ada agar lebih produktif.

Berkacalah pada tokoh-tokoh besar seperti Steve Jobs (mendiang pendiri Apple), Margaret Thatcher (mantan Perdana Menteri Inggris) dan Bill Gates (pendiri Microsoft dan orang terkaya sedunia versi majalah Forbes), mereka semua memiliki satu kebiasaan yang sama. Apa itu? Selalu bangun sebelum matahari terbit!

8. Makanlah Sesuatu

Letakkan beberapa makanan kecil seperti permen mint atau makanan lainnya yang menyegarkan di samping ranjang. Cara mudah bangun pagi ini dapat membantu mengusir rasa kantuk dan godaan untuk tidur kembali.

9. Mintalah Bantuan Orang Terdekat

Agar kebiasaan bangun pagi dapat dijadikan rutinitas, mintalah bantuan pada orang terdekat seperti orang tua, saudara atau teman sebagai ‘alarm nyata’ yang akan memarahi kita ketika tidak bangun pagi. Ancaman orang terkasih mungkin dapat memberikan efek jera dan memicu motivasi untuk segera meninggalkan kebiasaan buruk bangun siang.

10. Segera Cuci Muka

Mencuci muka sesegera mungkin dengan air dingin dapat menghilangkan rasa kantuk dan menjauhkan diri dari sifat malas. Setelahnya, jangan lupa minum air putih beberapa gelas untuk membantu menyeimbangkan sistem limfatik yang sangat berguna bagi pertahanan tubuh.

Itulah beberapa cara mudah bangun pagi yang dapat diterapkan. Berhasil atau tidaknya kembali lagi pada niat dari hati. Ingat, tak ada orang sukses yang memiliki kebiasaan dengan hanya membuang-buang waktu dan bermalas-malasan di tempat tidur. Manfaatkanlah waktu dan kesempatan yang ada sebaik mungkin, sebelum semuanya benar-benar pergi.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer