7 Tips Buang Air Besar Setiap Hari yang Mudah Dilakukan

Tidak semua orang beruntung memiliki jadwal buang air besar yang rutin. Beberapa diantaranya bahkan sampai ketergantungan obat pencahar agar BAB-nya lancar. Untuk itu, ketahui beberapa tips buang besar setiap hari berikut ini sebelum berkembang menjadi gangguan pencernaan yang merepotkan.

Memperbanyak asupan serat, mencukupi kebutuhan air dalam tubuh dan menerapkan gaya hidup aktif dengan olahraga teratur menjadi beberapa kunci penting agar buang besar menjadi kegiatan rutin setiap hari.

tips buang air besar setiap hari

Dengan menerapkan tips di bawah ini buang air besar akan menjadi lancar setiap hari:

1. Perbanyak Asupan Serat

Kehadiran serat di dalam tubuh begitu penting, terutama dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu merangsang pergerakan usus besar, mencegah datangnya sembelit hingga kanker kolorektal yang terkait dengan retensi feses.

Aplikasikan diet tinggi serat sebagai salah satu tips buang air besar setiap hari dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan tinggi serat, mulai dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan hingga biji-bijian seperti yang dijelaskan berikut: 25 Jenis Makanan Berserat Tinggi yang Menyehatkan 

2. Cukupi Kebutuhan Air dalam Tubuh

Sama seperti serat, kecukupan air dalam tubuh pun teramat diperlukan guna memastikan fungsi sistem ekskresi manusia berjalan optimal. Kombinasi serat dan air dalam tubuh mampu mendorong pembentukan tekstur feses yang ideal, sehingga mudah dikeluarkan.

Bicara tentang kebutuhan air harian dalam tubuh, jumlahnya akan sangat bergantung pada seberapa tinggi aktivitas tiap individu. Namun bila dirata-ratakan, setidaknya minumlah air putih 8 gelas per hari agar tetap terhidrasi. Untuk manfaat yang lebih besar, awali pagi dengan rutin minum air putih hangat bersama dengan perasan lemon.

3. Olahraga Teratur

Olahraga secara teratur menjadi salah satu bagian dari tips buang air besar setiap hari yang dapat dengan mudah diterapkan. Tak perlu terlalu berat, dengan berjalan santai atau jogging 30 menit setiap hari saja sudah mampu melancarkan peredaran darah ke seluruh organ tubuh, termasuk organ pencernaan.

4. Jauhi Stres

Masalah psikis, entah itu karena pekerjaan, hubungan asmara dan lain sebagainya dapat memicu terjadinya sembelit atau susah buang air besar. Hal ini terjadi lantaran sistem pencernaan manusia terkait erat dengan sistem saraf otak.

Ketika seseorang stres, sistem saraf akan mengartikan hal tersebut sebagai ancaman yang membahayakan. Secara alami tubuh pun akan memberikan respon perlawanan yang akan memengaruhi beberapa organ tubuh. Salah satunya pergerakan usus yang akan melambat dan berujung pada frekuensi BAB yang menjadi jarang atau tidak teratur.

Jadi, bagi yang ingin lancar buang air besar setiap hari, kendalikanlah stres Anda. Beberapa tips mengatasinya ada di sini:

5. Usahakan dalam Posisi Jongkok

Meski sudah banyak ditinggalkan dan digantikan oleh kloset duduk, rupanya penggunaan kloset jongkok tetap menjadi cara terbaik nan ideal dalam melancarkan buang air besar. Dalam posisi jongkok, otot-otot yang bertanggung jawab dalam mengeluarkan feses akan sepenuhnya rileks sehingga proses BAB pun akan berjalan lancar.

Lain halnya saat dalam posisi duduk, dimana otot-otot tersebut hanya akan rileks sebagian. Bahkan dalam beberapa penelitian, BAB dalam posisi duduk terkait dengan gangguan pencernaan akibat bakteri (terlebih di toilet umum) dan wasir.

Lebih lanjut, baca di sini: Toilet Duduk Vs Toilet Jongkok, Mana yang Lebih Sehat?

6. Minum Kopi

Ada sejumlah alasan mengapa kopi menjadi salah satu tips buang air besar setiap hari yang harus diterapkan. Pertama, kopi mengandung agen penstimulasi usus yang disebut dengan xantihine dan teofilin. Keduanya mampu meningkatkan kontraksi dan gerakan usus secara signifikan sehingga feses dapat bergerak menuju rektum.

Di samping itu, beberapa zat aktif yang terkandung dalam kopi seperti kafein, juga dapat memicu pelepasan hormon tertentu, seperti motilin yang dapat merangsang kontraksi usus dan gastrin yang memicu pelepasan asam lambung.

7. Pijat Perineum

Perineum merupakan area yang terletak antara alat kelamin dan anus. Memijat area ini dengan lembut diketahui dapat membantu meningkatkan frekuensi BAB dan meringankan ketidaknyamanan saat BAB.

Bagi ibu hamil, pijat perineum sangat dianjurkan karena memiliki banyak manfaat, terutama dalam mencegah trauma saat melahirkan. Metode serupa yang dapat diterapkan yakni pijat katup ileocecal.

Selain beberapa tips di atas, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan agar bisa BAB setiap hari. Pertama, batasi beberapa jenis makanan yang memicu terjadinya sembelit seperti daging merah, susu dan produk olahannya, makanan beku dan lain sebagainya.

Kedua, jangan terlalu lama duduk atau berdiri dalam satu waktu. Lakukan peregangan tiap satu jam sekali setidaknya selama 5 menit. Terakhir, gunakan obat pencahar seperlunya saja, jangan berlebih apalagi hingga ketergantungan, efek sampingnya dapat mengancam kesehatan.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

Baca juga