12 Tips Mencegah Flu, Pilek, dan Batuk Paling Efektif

Badan demam, sakit kepala, bersin-bersin, hidung tersumbat, dan batuk, tentu tak ingin kita alami. Namun menjadi hal yang sangat sulit untuk menghindari flu apabila orang di sekitar kita sudah terlanjur terserang batuk pilek.

Penyakit flu atau batuk pilek memang mudah sekali menular. Penularannya melalui udara pernafasan secara langsung dari percikan batuk ataupun bersin penderita, juga melalui kontak tak langsung. Namun tak perlu khawatir, dengan menerapkan beberapa tips mencegah flu dan batuk di bawah ini, maka risiko penularannya dapat diminimalisir.

tips mencegah flu batuk pilek

Inilah 8 Tips Sederhana dan Efektif dalam Mencegah Flu

1. Rajin Cuci Tangan

Ketika seseorang yang sedang sakit flu, bersin dan batuk di tangannya atau mengusap ingus dengan tangannya, dan setelah itu ia menyentuh benda-benda seperti telepon, gagang pintu, remote, dan peralatan lainnya, maka benda tersebut telah tercemar oleh virus penyebab flu.

Jika Anda menyentuh objek-objek tersebut, maka bibit penyakit flu telah berpindah ke tangan Anda. Anda pun akan mudah tertular saat menyentuh mulut, mata, mengusap hidung, atau makan tanpa cuci tangan terlebih dahulu.

Jadi, tips mencegah flu yang paling dianjurkan adalah sering cuci tangan. Cucilah tangan Anda dengan bersih menggunakan sabun dan air mengalir, terutama sebelum makan dan menyentuh area wajah. Jika sulit, Anda bisa menggunakan gel pembersih tangan yang mengandung alkohol.

2. Jangan Menutup Bersin dan Batuk dengan tangan

Tips mencegah flu yang satu ini ditujukan bagi penderita flu. Jadi, untuk meminimalisir penularan hindari menutup bersin atau batuk secara langsung degan tangan.

Sebaiknya gunakan tissue, lalu langsung membuangnya ke kotak sampah. Jika tidak ada tissue, bersin dan batuklah ke arah ketiak kanan atau kiri.

Kenali gejala penderita flu: Gejala Flu Pilek Biasa (Common Cold)

3. Jangan Sentuh Wajah

Tahukah Anda bahwa virus penyebab flu akan cepat masuk masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, dan mulut. Jadi, apabila kondisi tangan belum dipastikan benar kebersihannya, jangan menyentuh area tersebut.

Cucilah tangan terlebih dahulu. Jangan lupa ajarkan kebiasaan sehat ini kepada anak-anak, karena merekalah yang paling berisiko.

Tapi, bagaimana jika tiba-tiba hidung atau mata terasa gatal? Jika belum sempat cuci tangan, gunakan punggung tangan Anda untuk mengusap bagian yang gatal.

4. Jaga Jarak dengan Penderita

Guna menghindari penyebaran virus flu melalui percikan batuk atau bersin penderita, maka Anda perlu menjaga jarak dengannya. Tak perlu terlalu ekstrim dengan meninggalkannya sendirian di sebuah ruangan, ambillah jarak secukupnya saja dan terapkan tips mencegah flu lainnya.

5. Jangan Berbagi Peralatan Makan

Menggunakan satu buah sendok, piring, atau gelas secara bersama-sama dengan penderita juga dapat menjadi sarana penularan. Pasalnya, air liur penderita juga mengandung virus.

6. Gunakan Masker

Jika kondisinya tidak memungkinkan untuk menjaga jarak dengan penderita, misalnya harus bekerja duduk di dekatnya dalam satu ruangan. Maka solusi lain yang bisa terapkan untuk mencegah flu adalah dengan mengenakan masker.

Cara ini dapat meminimalisir masuknya virus ke saluran nafas. Lebih bijak lagi, jika penderita yang mengenakannya.

7. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Meskipun ada virus yang berhasil masuk ke dalam tubuh, namun tak semua orang menjadi sakit karenanya. Tubuh kita memiliki sistem pertahanan atau kekebalan, apabila kondisinya prima penyakit flu dapat dicegah olehnya.

Nah, salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan olahraga. Latihan aerobik seperti senam, joging, bersepeda, dan sebagainya adalah jenis yang baik, karena dapat membuat jantung memompa darah dengan optimal dan meningkatkan produksi sel-sel pembunuh virus.

8. Makan Sayur dan Buah

Fitokimia dalam buah dan sayuran kaya akan vitamin dan mineral yang sangat diperlukan tubuh dalam membangun sistem pertahanan dan kesehatan yang prima. Jadi agar tubuh mampu mencegah penyakit flu, maka perbanyaklah konsumsi sayuran dan buah-buahan berwarna hijau gelap, merah, dan kuning.

Sebaiknya jangan menggunakan pil atau minuman suplemen, karena tak lebih baik dari yang alami.

9. Vitamin C

Banyak yang beranggapan bahwa vitamin C dapat mencegah flu, karena bekerja meningkatkan sistem pertahanan tubuh sehingga mampu mengusir virus. Memang ada benarnya, namun berdasarkan penelitian, hal ini tidak berlaku pada populasi umum, tetapi hanya bagi mereka yang menjalani latihan berat (atlet) atau sedang berada di musim dingin.

Baca juga: Buah Pilihan yang Mengandung Vitamin C Terbanyak

10. Jangan Merokok

Perokok berat lebih sering terserang flu. Bahkan berada di sekitar asap dapat merusak sistem kekebalan tubuh, pertahanan tubuh untuk melawan kuman penyebab flu.

Kenapa bisa seperti itu? karena asap rokok dapat mengeringkan saluran di hidung. Hal ini mempengaruhi kerja silia – rambut halus yang melapisi hidung dan paru – paru yang bertugas membantu membersihkan partikel berbahaya, termasuk virus.

Para ahli mengatakan, hanya dengan satu batang rokok sudah dapat menghentikan kerja silia selama 30 hingga 40 menit.

11. Batasi Alkohol

Sering minum alkohol atau berlebihan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Dampaknya, tubuh akan lebih mudah mendapatkan infeksi, termasuk flu beserta komplikasinya. Alkohol juga membuat tubuh kekurangan cairan, sedangkan untuk menyembuhkan flu tubuh harus mendapatkan cukup cairan.

So, tips mencegah flu selanjutnya adalah membatasi konsumsi minuman alkohol atau menghindarinya sama sekali.

12. Tenang, kendalikan stres

Jika diperhatikan, banyak penderita flu yang awal mulanya didahului oleh kondisi fikiran atau psikis yang stres. Baik itu tekanan dari pekerjaan, masalah rumah tangga, atau lainnya. Bahkan tidak hanya flu saja, banyak penyakit lain yang mudah menyerang pada kondisi stres.

Beberapa studi pun membuktikan, sistem pertahanan akan kembali prima seiring dengan hilang stres dari diri seseorang.

Jalan-jalan, wisata kuliner, olahraga, atau yang paling ampuh untuk mengendalikan stress adalah dengan beribadah penuh khidmat.

Ingat! Menghindari kontak dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan gaya hidup sehat adalah kunci pokok dalam mencegah flu dan penyakit menular lainnya.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

Baca juga