7 Tips Mengurangi Lemak di Wajah Agar Terlihat Tirus

Kurang percaya diri dengan tampilan pipi tembam atau chubby? Terapkan beragam tips mengurangi lemak di wajah berikut ini agar bentuk wajah menjadi lebih tirus. 

Menurunkan berat badan menjadi tantangan tersendiri, terlebih lagi di area spesifik tubuh seperti wajah. Keberadaan lemak ekstra di wajah bagi sebagian orang nampak sangat mengesalkan dan mampu mengurangi kepercayaan diri.

Bahkan banyak yang tak segan untuk merogoh kocek dalam-dalam guna melakukan perawatan di klinik kecantikan agar penampilan sempurna yang diharapkan dapat terwujud secara instan.

Padahal jika ingin bersabar, tampilan wajah tirus dapat diwujudkan meski hanya dengan cara sederhana. Diantaranya seperti melakukan senam wajah, minum air putih rata-rata 2 liter/hari, olahraga selama 150-300 menit per minggu dan masih banyak lagi.

cara mengurangi lemak di wajah

Berikut beragam tips mengurangi lemak di wajah selengkapnya:

1. Lakukan Senam Wajah

Satu studi terbatas melaporkan bahwa dengan melakukan senam wajah secara rutin setiap hari diketahui dapat membantu mengencangkan otot wajah dan memerangi tanda-tanda penuaan. Caranya yakni dengan melakukan gerakan seperti meniup balon dengan menggembungkan pipi untuk kemudian mengembalikannya lagi ke dalam bentuk semula.

Selepas itu, lanjutkan lagi dengan gerakan smiling fish, yakni dengan mengisap pipi ke dalam hingga menyerupai bentuk wajah ikan. Lepaskan dan lanjutkan dengan senyum lebar hingga menampilkan semua gigi. Lakukan gerakan meniup balok dan smiling fish secara bergantian dua kali sehari selama 8 minggu dan lihatlah hasil memukau yang akan didapatkan.

Baca juga: 15 Cara Mengecilkan Pipi Tembem Tanpa Obat-Obatan

2. Rajin Minum Air Putih

Selain mencegah dehidrasi, minum air putih rata-rata 2 liter sehari juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme sementara, memotong asupan kalori harian hingga mengurangi retensi cairan yang kesemuanya berpengaruh langsung terhadap bentuk wajah yang cantik nan ideal.

3. Olahragalah Secara Teratur

Lemak ekstra di wajah merupakan hasil dari kelebihan lemak tubuh. Oleh karena itu, penting sekali untuk menurunkan berat badan secara keseluruhan. Dengan begitu, lemak di wajah pun akan ikut berkurang. Lakukan olahraga secara rutin selama 150-300 menit per minggu yang berarti sama dengan latihan kardio 20-40 menit setiap hari. Mudah bukan?

4. Potong Asupan Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan seperti kue, pasta, mie instan, es krim dan sejenisnya haruslah dibatasi asupannya karena makanan jenis ini menjadi penyebab umum dibalik naiknya berat badan dan menumpuknya lemak tubuh.

Karbohidrat olahan begitu cepat dicerna tubuh sehingga memicu hasrat makan berlebih. Lonjakan gula darah pun tak dapat dihindari hingga bisa saja memicu obesitas maupun diabetes.

5. Perhatikan Jam Tidur

Salah satu tips mengurangi lemak di wajah yang paling sederhana namun kerap diabaikan adalah jam tidur. Bukan tanpa sebab, kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan kadar kortisol yang memiliki beragam efek samping potensial termasuk bertambahnya berat badan.

Semakin sering begadang, maka semakin tinggi pula kadar kortisol dalam tubuh. Akibatnya nafsu makan akan meningkat namun di sisi lain proses metabolisme justru berjalan lebih lambat. Dengan demikian, cukupilah kebutuhan tidur 7-8 jam/malam sebagai salah satu cara efektif untuk memaksimalkan pengurangan lemak di wajah dan tubuh keseluruhan.

6. Batasi Asupan Garam

Pada dasarnya, tubuh memang membutuhkan asupan garam sebagai salah satu sumber utama natrium. Namun bila berlebih, justru dapat mendatangkan efek negatif seperti retensi cairan yang berkontribusi pada pembengkakan di area tubuh termasuk wajah hingga berpeluang besar menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

7. Jauhi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko retensi cairan lantaran tinggi kalori, rendah nutrisi dan mengganggu keseimbangan elektrolit. Pada wanita, kebiasaan buruk satu ini dapat meningkatkan kadar estrogen yang mampu memicu bertumpuknya lemak di daerah yang khas, seperti paha, pinggul juga wajah.

Dalam kondisi lebih serius, kebiasaan mengonsumsi alkohol jangka panjang dapat mengganggu fungsi hati. Progresivitasnya bahkan begitu liar karena mampu berkembang menjadi sirosis hati hingga kanker hati yang sangat mematikan.

Itulah beberapa tips mengurangi lemak di wajah yang patut di coba. Ingat, ini bukanlah cara yang instan. Jadi bersabar dan teruslah konsisten untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Jangan lantas terburu-buru untuk meniruskan pipi dengan jalan operasi.

Lihat sumber