5 Tips Sederhana Agar Panjang Umur dan Awet Muda Selalu

tips awet muda

Tak ada satupun orang yang tahu persis sampai kapan ia akan hidup di dunia ini. Meski demikian, ada banyak cara dan usaha yang dapat dilakukan untuk dapat hidup lebih lama sambil menikmati masa tua yang penuh kebahagiaan. Beragam tips panjang umur dan awet muda berikut ini menjadi kuncinya.

Terapkan secara konsisten beragam tips panjang umur dan awet muda berikut ini

1. Berhentilah Merokok

jangan merokok agar awet muda

Mencoba memutus kecanduan rokok memang tak semudah membalikkan telapak tangan, terlebih bagi yang telah berstatus sebagai perokok veteran. Hari-hari terasa membosankan, mulut pun terasa pahit, kilahnya.

Namun jangan lantas beranggapan bahwa kecanduan rokok yang dialami merupakan takdir yang sudah tak bisa diubah. Karena realitanya, kebiasaan buruk satu ini dapat dihentikan sama sekali. Tentunya dengan tekad dan determinasi yang kuat untuk terus mencoba saat menemui kegagalan.

Sejumlah hasil riset menyebutkan bahwa mereka para perokok berisiko besar kehilangan masa hidupnya hingga sekitar 1 dekade. Hal ini berkaitan erat dengan berbagai penyakit yang akan dideritanya, seperti penyakit jantung atau kanker paru-paru. Dari segi estetika pun, para perokok cenderung memiliki bau tubuh dan mulut yang bau serta kulit yang nampak tua.

Jadi sebelum membuat diri sendiri atau orang terdekat terkapar di ranjang rumah sakit ihwal rokok dan asapnya, maka beralihlah dari adiksi rokok sedari sekarang. Kunyahlah permen karet bebas gula tiap kali keinginan ‘nyebat’ datang menghampiri.

2. Tetap Aktif

tetap aktif agar awet muda

Nampaknya saat ini gaya hidup sedentari atau minim aktivitas semakin banyak saja peminatnya. Lebih-lebih pada mereka pekerja kantoran yang sepanjang harinya dihabiskan dengan duduk di balik meja kerja dan di waktu luang sibuk dengan gadgetnya.

Belum lagi ketergantungan akan kendaraan bermotor meski hanya pergi keluar dengan jarak dekat dan lebih memilih lift atau eskalator daripada menaiki anak tangga karena menganggapnya lebih efektif dan efisien.

Kebiasaan-kebiasaan pasif seperti inilah yang seharusnya diubah bila mendambakan umur panjang dan fisik yang awet muda. Pasalnya, gaya hidup sedentari merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Dimana obesitas, diabetes dan penyakit jantung kerap ‘menyinggahi’ tubuh-tubuh mereka yang kurang aktif bergerak.

Beberapa hasil studi menyebutkan bahwasanya seseorang yang hidup lebih aktif dan gemar berolahraga meski hanya dengan berjalan cepat 15 menit setiap hari dapat hidup rata-rata tiga tahun lebih lama dibandingkan mereka yang sangat jarang berolaharaga atau minim aktivitas.

Berolahraga setiap hari meski sekedar berjalan kaki 30 menit setiap hari mampu menawarkan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Misal menjaga kesehatan kardiovaskular, menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, memperbaiki mood sekaligus mengusir stres dan lainnya.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Manfaat Jalan Kaki Ternyata Luar Biasa

3. Konsumsi Makanan Sehat

makanan sehat agar awet muda

Sejumlah wilayah dengan populasi penduduk berumur panjang terbanyak di dunia seperti Okinawa Jepang, Lembah Hunza Pakistan dan negara-negara di sepanjang Mediterania ternyata memiliki kebiasaan baik dengan menerapkan diet sehat dan seimbang yang didasarkan pada konsumsi buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, banyak ikan rendah merkuri, biji-bijian dan lemak sehat dalam jumlah sedang.

Namun bukan cuma soal jenis makanannya saja, porsi dan jadwal makannya pun perlu diperhatikan. Menilik petuah konfusianisme ‘hara hachi bu’ yang diyakini masyarakat Okinawa termasuk para centenarian didalamnya, dimana mereka hanya mengenyangkan perut sebesar 80%. Dengan kata lain makan secukupnya saja, tidak berlebihan.

Maka dari itu, bila ingin memiliki umur panjang dan awet muda selalu, mulailah membiasakan diri dengan mengonsumsi makanan sehat sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Tinggalkan atau setidaknya batasi makanan cepat saji maupun junk food.

4. Jauhi Stres

hindari stres agar umum panjang dan awet muda

Manusia adalah mahluk sempurna yang mampu merencanakan dan bertindak sesuai tujuan jangka panjang seperti apa yang diharapkan. Namun tentunya hidup tak pernah luput dari masalah juga segala sesuatu yang coba mengganjal. Seperti ada saja yang menghalangi untuk dapat mencapai tujuan dengan jalan mulus.

Masalah percintaan, beban kerja yang menumpuk di kantor, masalah keuangan bahkan kesemrawutan di jalanan pun mampu merusak suasana hati dan mengaburkan pikiran yang jernih. Lantas berujung pada stres yang seketika dapat menghancurkan semua rencana baik di awal.

Bukan hanya kontrol diri yang akan terkuras, stres juga memiliki banyak efek fisiologis termasuk meningkatnya kadar hormon kortisol yang dapat berkontribusi pada timbulnya lemak visceral yang berbahaya, penyakit jantung, depresi dan resistensi yang lebih buruk terhadap serangan sejumlah penyakit.

Permasalahan hidup dan stres memang tidak dapat dihindari. Namun manusia sebagai mahluk sempurna tentu dapat menyelesaikannya dan mengelola stresnya sebaik mungkin. Istirahatlah ketika tubuh telah lelah, jangan mengeksploitasi diri sendiri.

Pergilah ke tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi, hiruplah udara segar di pagi hari, perbanyak senyum dan jalin kedekatan yang lebih intim pada Sang Pencipta guna mengusir stres dan meningkatkan kualitas hidup.

5. Jangan Biarkan Otak Menganggur

Otak menjaga manusia untuk tetap hidup karena otak merupakan pusat kecerdasan manusia dan pusat dari seluruh aktivitas tubuh. Meredupnya fungsi otak berhubungan langsung dengan menurunnya fungsi-fungsi tubuh yang sekaligus menjadi pintu gerbang kedatangan demensia.

Karena itu, jangan membiarkan otak menganggur sama sekali. Penting untuk menstimulasi otak secara terus-menerus. Mulalilah dari hal-hal kecil seperti bermain game asah otak di gadget kesayangan.

Dan yang terbaik yakni dengan mencoba hal-hal baru yang belum pernah dikuasai. Misal bermain alat musik, belajar bahasa asing dan beberapa hal lainnya yang dapat merangsang daya kreativitas. Kreativitas dapat meningkatkan kesehatan otak dan menurunkan stres yang pada akhirnya akan sangat memengaruhi masa hidup seseorang.

Sebelum tidur malam, biasakan untuk menelusuri impian, harapan dan kenangan-kenangan yang menggembirakan agar otak dapat melepaskan hormon bahagia. Cobalah untuk terus berpikir positif dan optimis dalam menjalani hidup. Jangan biarkan pikiran-pikiran buruk mengantarkan kita pada ketakutan untuk memulai hari esok.

Beberapa tips panjang umur dan awet muda lainnya yang dapat diterapkan yakni dengan cukup tidur 7-8 jam/hari, berteman dengan banyak orang dan menjaga tali silaturahmi, sering bercinta dengan pasangan, menjaga berat badan ideal serta menjauhi minuman beralkohol juga pergaulan yang tidak sehat.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT