• Dok saya mau tanya, kan saya ada kayak kutil di kaki terus di suruh papa saya ngobatin pakai callusol. Nah saya sudah ngobatin kurang lebih satu minggu.

    Saya tidak tau kalau tidak boleh kena kulit saya yang sehat. Akibtnya kulit saya berubah warna jadi gelap tapi ada putih putihnya. Trus perih setiap kali di kasih. Dan setelah saya lihat, obatnya udah expired dok, sudah dari tahun 2012.

    Trus bagaimana dok? Apakah ada dampak dari obat expired tersebut? Apakah saya harus melanjutkan mengobatinya dengan kulit iritasi? Dan itu bahaya tidak dok sudah menggunakan obat callusol expired? Penanganannya bagaimana dok?

    Terimakasih dok. Saya harap dokter segera membalas pertanyaan saya karena saya sangat khawatir.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Callusol memang salah satu terapi yang digunakan untuk mengatasi kutil atau veruka. Callusol mengandung asam salisilat, asam laktat dan polidokanol yang bekerja sebagai agen keratolitik. Obat ini berperan untuk melunakkan dan melepaskan penebalan kulit. Penggunaan obat ini memang harus hati – hati yakni hanya diberikan pada daerah yang bermasalah saja dan hindari kontaknya dengan kulit yang sehat karena dapat menimbulkan pengikisan  pada kulit yang normal. Kulit normal awalnya akan memutih setelah terkena obat ini lalu lama kelamaan akan mengelupas. Karena tidak adanya penebalan yang berlebihan seperti area yang sakit maka kulit yang mengelupas adalah kulit yang sehat dan menyebabkan terjadinya iritasi pada permukaan kulit dan bahkan bisa ke lapisan yang lebih dalam jika kontak berlangsung terus menerus dan berulang. Jika sudah seperti ini, maka segera bersihkan callusol dari kulit normal yang terkena obat ini. Lama kelamaan kulit akan beregenerasi dan sembuh kembali.

    Penggunaan obat yang kadaluarsa memang membuat khawatir. Namun asal penggunaannya tidak dilanjutkan maka tidak perlu menjadi kekhawatiran yang berlebihan.  Kulit yang luka pasca terkena kalusol sebenarnya tidak perlu mendapat pengobatan khusus karena bisa beregenerasi dengan sendirinya. Namun jika terjadi peradangan, maka bisa diberikan krim steroid pada daerah tersebut. Namun sebaiknya atas resep dokter.

    Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Luka

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Akibat Menggunakan Obat Callusol yang Expired

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.