• Assalamu’alaikum dokter,
    saya waktu nikah saya langsung menunda hamil dok, saya program Kb suntik yang 1 bulan selama 6 bulan, terus saya langsung pakai KB Pil selama 5 bulan, kenapa saya program karena kontrak kerja saya diperpanjang selama 1 tahun.

    selama KB suntik saya juga sering Flek kalau saya kecapaian kerja, selama kb suntik juga saya hanya menstruasi 1 x saja waktu pertama 1 suntik,

    tapi kalau pakai Pil KB saya menstruasi terus sebulan lancar dan enggak ada gangguan, tapi setelah saya selesai KB Pil saya hanya menstruasi selama 3 bulan.

    terus sudah enggak menstruasi lagi, terakhir menstruasi bulan puasa seminggu tahun 2015, terus sampai sekarang saya sudah enggak menstruasi, enggak hamil sudah di tes pek, sudah di periksa juga, lalu sudah di urut juga,

    katanya rahim saya dalem, terus sudah di angkat lagi, tapi kok belum menstruasi juga ya dokter, saya khawatir banget, tapi dokter kata teman saya minum pil Kb bisa menstruasi ya?

    pakai yang khusus mau haid, benar enggak sih dok, tapi saya takut,,, saya harus bagi mana dokter?

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan tidak menstruasi selama tiga bulan atau lebih disebut juga dengan istilah amenore. Penyeba amenore sangat banyak antara lain:

    1. Faktor kegemukan juga bisa menyebakan gangguan menstruasi.
    2. Asupan nutrisi yang kurang misal akibat diet yang terlalu ketat tanpa memperhatikan keseimbangan gizi dapat menyebabkan gangguan menstruasi.
    3. Penggunaan KB hormonal, mulai dari KB 3 bulan, pil KB dan lain sebagainya memang menyebabkan resiko gangguan mens. Penyebab tersering adalah akibat KB 3 bulan, namun pil KB juga tak menutup kemungkinan menyebabkan keluhan tersebut.
    4. Penyakit organ reproduksi, misal tumor, infeksi dan lain sebagainya.
    5. Penyebab lain.

    Ada baiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter secara langsung untuk memastikan penyebab keluhan anda karena harus dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara detail.

    Penggunaan pil KB memang bisa menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menyebabkan menstruasi namun tidak semua penyebab keluhan bisa diatasi dengan pemberian pil KB. Seperti yang jelaskan sebelumnya bahwa harus ditentukan terlebih dahulu penyebabnya, baru bisa ditentukan terapi yang paling tepat. Pemberian obat yang tak tepat sesuai dengan penyebab (termasuk pil KB) malah dapat menyebabkan resiko yang tak diinginkan. Oleh karena sebaiknya periksakan langsung ke dokter, jangan mengobati sendiri.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    terimakasih dokter atas pejelasannya,,

Beranda Tanya Dokter Baru Nikah, Tunda Hamil dengan Suntik atau Pil KB?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.