• Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakatuh.

    Saya kini telah memasuki usia mahasiswa. Sejak umur 10 tahunan saya memiliki riwayat penyakit alergi di telinga dan kaki. Ukuran di kaki dulunya 3 kali ukuran uang logam, dan Alhamdhulillah sudah sembuh. Adapun di telinga sebenarnya sudah sembuh juga, namun kambuh lagi.

    Saya biasa ke puskesmas untuk diperiksa dan obat yang diberikan dokter manjur. Namun kali ini saya tidak di tempat tinggal asal sehingga susah ke puskesmas. Biasanya alergi saya muncul tanpa sebab yang pasti (namun ada indikasi  makan udang), namun yang jelas, jika alerginya kambuh, bahkan makanan yang berpenyedap rasa atau vitsin/MSG, saja dapat memperburuk kondisinya yang sebelum kambuhnya tidak ada masalah.

    Saya sudah dua minggu mencoba untuk tidak memakan makanan yang berpenyedap, namun masih saja tidak membaik. Luka alergi saya ini basah dan tidak cocok diberi krim salep, namun jika didiamkan agak lama, bisa kering, kemudian tiba-tiba basah lagi.

    Biasanya saya diberi dokter puskesmas obat tablet (saya tak ingat nama obatnya) dan itu membuat lukanya kering dan dapat diberi krim salep. Pertanyaan saya, menurut dokter obat tablet apa yang dapat saya minum untuk menyembuhkan alergi saya? dan juga saran yang lainnya. Terima kasih telah meluangkan waktu menjawab konsultasi saya.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mohon maaf dalam forum ini kami tidak bisa memberikan resep obat sebagai dasar terapi bagi pasien. Karena untuk menentukan pengobatan perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Keluhan gatal – gatal pada kulit sendiri merupakan keluhan yang sangat umum dirasakan oleh hampir tiap individu. Penyebabnya beraneka ragam bisa karena hal ringan atau penyakit tertentu yang lebih berat. Sehingga sebenarnya perlu penggalian informasi secara lebih detail disertai pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang pada kulit guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab gatal yaitu antara lain:

    1. Karena xerosis kutis atau kulit yang terlalu kering bisa menyebabkan keluhan gatal yang sangat mengganggu.
    2. Dermatitis atopik merupakan salah satu penyakit kulit yang menyebabkan keluhan gatal. Penyakit ini berhubungan dengan sistem imun tubuh pasien dan termasuk penyakit alergi. Biasanya terdapat riwayat atopik pada anggota keluarga lainnya dari pasien yang bukan hanya muncul sebagai keluhan di kulit namun juga keluhan di saluran napas seperti rinitis alergi.
    3. Dermatitis kontak alergi merupakan salah penyakit kulit yang menyebabkan keluhan gatal. Ada riwayat kontak dengan bahan yang menyebabkan alergi misalnya kosmetik, anting dan lain sebagainya.
    4. Penyebab lainnya

    Pengobatan untuk dermatitis atopik dan alergi bisa dengan pemberian emolien (pelembab) hingga kortikosteroid. Namun untuk mendapat pengobatan yang tepat silakan periksakan langsung ke dokter.

    Penyebab Alergi Kulit, Ciri-Ciri, dan Obatnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengobati Alergi yang Kambuh Kembali?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.