• Hai dok. Saya mempunyai amandel dari kecil dok. Kira2 waktu saya masih SD, saya sudah melakukan operasi pengangkatan amandel tetapi hanya bagian kiri dok, bagian kanannya sampai sekarang masih ada dan saya sekarang sudah 19 tahun dok. Tetapi sampai saat ini saya tidak merasakan keluhan apapun pada amandel saya. Apakah amandel saya dapat mengalami pembesaran (peradangan) dok? Dan apakah saya harus operasi pengangkatan amandel lagi dok? Terima kasih ya dok :)

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Perlu anda ketahui bahwa amandel atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai tonsil bukanlah hal yang berbahaya sehingga harus anda khawatirkan. Amandel merupakan salah satu organ tubuh manusia yang berada di dalam rongga mulut, artinya organ ini memang pasti akan dimiliki oleh manusia ketika baru lahir. Amandel berperan sebagai salah satu sistem imun tubuh manusia. Ketika tubuh terutama saluran napas terserang oleh benda asing misalnya virus maka amandel akan membesar sebagai salah satu peringatan kepada tubuh bahwa ada benda asing yang masuk dalam tubuh kita. Maka tak heran jika terjadi infeksi pada organ pernapasan maka amandel akan membesar. Jika pembesaran amandel sangat besar dan menimbulkan gangguan pernapasan yang ditandai dengan sesak, mendengkur saat tidur akibat tersumbatnya saluran napas maka hal ini menjadi indikasi untuk dilakukan pengangkatan amandel (tonsilektomi). Akan tetapi jika masih bisa dipertahankan misalnya pembesaran tidak terlalu hebat maka sebaiknya hindari operasi pengangkatan amandel. Karena seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa amandel berperan sebagai salah satu  organ untuk menjaga daya tahan tubuh manusia.

    Amandel bisa membesar jika terjadi infeksi, namun ia bisa juga mengecil kembali sehingga anda tidak perlu terlalu khawatir. Jika tidak ada keluhan pada amandel anda maka itu justru bagus dan tak perlu menjadi kekhawatiran sehingga harus dipikirkan begitu mendalam.

    Silakan baca artikel berikut:

    Tonsilitis – Radang Amandel

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    Terima kasih dok atas jawabannya :)
    Oh seperti itu ya dok. Tetapi ukuran amandel saya menetap tidak membesar ataupun mengecil. Apakah itu normal dok?

Beranda Tanya Dokter Operasi Amandel Salah Satu Sisi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.