• azam74

    Selamat pagi dok, saya ingin bertanya, apakah aman mengonsumsi vitamin c (seperti enervon c dan lain-lain) secara terus menerus? Bagaimana aturan yang aman untuk mengonsumsi vitamin c dan apakah ada efek sampingnya? Terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang konsumsi vitamin/ suplemen. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Konsumsi suplemen atau vitamin setiap hari sebenarnya tidak harus dilakukan asalkan kebutuhan nutrisi sudah kita cukupi. Nutrisi tersebut diperoleh dari asupan makanan yang bergizi. Untuk vitamin C sendiri bisa kita peroleh dari sayur dan buah. Menurut Angka Kecukupan Gizi, anak di atas satu tahun membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 40-45 mg. Sedangkan remaja berusia di atas 12 tahun perlu memenuhi kebutuhan vitamin C paling tidak 65-90 mg per hari. Orang dewasa di atas 18 tahun, kebutuhan vitamin C harian Anda adalah 75-90 mg.

    Karena kebutuhan vitamin C tiap harinya jumlahnya tidak besar maka sebenarnya cukup dari asupan makan sehari – hari. Namun jika asupan makan kita dirasa masih kurang maka anda bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C. Tapi jika asupan makan anda sudah cukup maka sebaiknya tidak perlu lagi mengkonsumsi suplemen tersebut.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Amankah Mengonsumsi Vitamin C Secara Terus Menerus?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.