• Selamat sore Dokter, Anak saya berusia 19 bulan, perempuan, belum bisa berbicara. Untuk meniup, menyedot tidak ada masalah, kata yang diucapkan hanya “bibibibi”, “mimimi”, “dorr”, dll. Jika minta sesuatu merengek, dan lebih suka menunjuk & menarik tangan saya. Eye contact ada tapi jika dipanggil kadang menoleh kadang tidak jika sedang serius.

    Anak saya pernah bbrp kali jatuh pd bagian belakang kepala, apa itu yg menyebabkan anak saya jd blm bisa bicara dok? oleh DSA nya diberikan vitamin “PIRACETAM” apa vitamin itu aman untuk anak saya Dok?

    Apa yg harus saya lakukan dok? saya khawatir dengan kondisi anak saya.. Terima kasih Dok

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Masa bayi dan balita di bawah 5 tahun merupakan masa emas anak (golden moment) dimana progres tumbuh kembang anak pada masa ini sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidupnya kelak. Oleh karena itu disarankan bagi orang tua untuk terus memperhatikan tumbuh kembang anak selama masa ini apakah telah sesuai dengan usianya atau belum. Karena jika belum maka ketertinggalan tumbuh kembang anak masih sangat mungkin dikejar dibandingkan jika harus mengejar keterlambatan di usia lebih dari 5 tahun.

    Ada beberapa cara perhitungan kemajuan tumbuh kembang bayi dan balita, salah satunya yang termudah dan bisa digunakan oleh orang tua dirumah adalah skor KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan).  Skrining KPSP ini bisa digunakan hingga anak usia 72 bulan, dengan jadwal pemeriksaan pada umur 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60, 66, dan 72 bulan. Bila anak berusia di antara jadwal pemeriksaan KPSP maka yang digunakan adalah yang lebih kecil dari usia anak. Misalnya, anak anda berusia 6 bulan maka yang digunakan KPSP 6 bulan. Jika anak sudah berusia 19 bulan maka yang digunakan adalah KPSP 18 bulan. Pada kasus anak anda maka KPSP yang digunakan adalah KPSP 18 bulan.

    Berikut adalah daftar pertanyaan yang digunakan untuk menilai kemampuan perkembangan anak usia 18 bulan:

    1. Tanpa bantuan, apakah anak dapat bertepuk tangan atau melambai-lambai?
    2. Apakah anak dapat mengatakan “papa” ketika ia memanggil/melihat ayahnya, atau mengatakan “mama” jika memanggil/melihat ibunya?
    3. Apakah anak dapat berdiri sendiri tanpa berpegangan selama kira-kira 5 detik?
    4. Apakah anak dapat berdiri sendiri tanpa berpegangan selama 30 detik atau lebih?
    5. Tanpa berpegangan atau menyentuh lantai, apakah anak dapat membungkuk untuk memungut mainan di lantai clan kemudian berdiri kembali?
    6. Apakah anak dapat menunjukkan apa yang diinginkannya tanpa menangis atau merengek? Jawab YA bila ia menunjuk, menarik atau mengeluarkan suara yang menyenangkan.
    7. Apakah anak dapat berjalan di sepanjang ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung?
    8. Apakah anak anak dapat mengambil benda kecil seperti kacang, kismis, atau potongan biskuit dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk seperti pada gambar ?
    9. Jika anda menggelindingkan bola ke anak, apakah ia menggelindingkan/melemparkan kembali bola pada anda?
    10. Apakah anak dapat memegang sendiri cangkir/gelas dan minum dari tempat tersebut tanpa tumpah?

    Jika anak anda bisa melakukan 9 – 10 hal di atas maka tumbuh kembang anak normal.

    Sederet Makanan untuk Kecerdasan Otak Anak

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Anak Belum Bisa Bicara, Apa yang Harus Dilakukan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.