• Selamat siang dok,

    Saya hendak menanyakan perihal anak saya. Umur 5 tahun 7 bulan yang lagi sakit batuk dan pilek. Pada hari minggu badan summer 36.3 sementara saya kasih obat flu bodrexin situp.

    Hari senin saya bawa ke dokter dan diberi obat batuk pilek berupa puyer dan antibiotik. Pada Selasa malam suhu badan mulai naik menjadi 37.6 – 37.8. Saya kasih tempra, suhu badan turun.

    Tapi sore / malam suhu badan naik lagi kisaran 37.6 – 37.8. Pagi hari dan siang suhu badan normal. saya ke dokter anak lagi sarannya kalau sampai obat antibiotik habis (di hari ke-5) suhu badan malam hari kisaran 37.5 ke atas diminta untuk lab tes.

    Yang mau saya tanyakan kalau gejala seperti anak saya tersebut kenapa ya dok ?

    Terima kasih,

    Ria

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang batuk pilek dan demam. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Demam merupakan peningkatan suhu badan di atas 37,5 derajat celsius. Dengan demikian sebenarnya suhu badan di bawah itu masih termasuk normal.

    Untuk keluhan batuk dan pilek pada anak memang kerap kali terjadi karena daya tahan tubuh yang lebih lemah daripada orang dewasa.

    Penyebab keluhan ini kebanyakan terjadi karena infeksi namun bisa juga karena sebab lain yaitu antara lain karena:

    1. Iritasi pada saluran napas. Beberapa kondisi yang mencetuskan keadaan ini pada bayi antara lain karena alergi, asap rokok, debu dll.
    2. Aspirasi benda asing. Masuknya makanan atau minuman pada saluran napas bayi bisa menyebabkan keluhan batuk.
    3. Infeksi bakteri menjadi salah satu kemungkinan penyebab tersering. Akibat infeksi bakteri, bayi dan anak akan mengalami batuk. Jika berdahak, maka akan terjadi perubahan warna pada dahaknya. Biasanya disertai keluhan demam.
    4. Infeksi virus. Mikroorganisme ini bisa menyebabkan keluhan batuk, pilek hingga demam.
    5. Dan lain sebagainya

    Karena kemungkinan penyebabnya sangat banyak maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anak anda.

    Namun alangkah baiknya jika anda juga melakukan perawatan di rumah berupa meperbanyak konsumsi air  agar dahak menjadi lebih encer, menghindari debu atau asap rokok yang dapat mengiritasi saluran napas, menjaga kelembaban udara dalam ruangan dan hindari anak  dari keluarga yang sedang mengalami infeksi.

    Mengatasi Batuk Pada Anak Bayi dan Balita

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Anak Demam pada Sore / Malam Hari

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.