• mumu

    Assalamualaikum dok.

    Saya mau tanya,anak saya usia 6 tahun di bulan-bulan ini anak saya sering banget mimisan hampir setiap hari dan badannya juga panas sudah diobati tak kunjung sembuh dan perut bagian bawah terkadang sakit, sudah pernah di bawa ke rumah sakit dan di indikasi hanya pembuluh darah yang pecah saja dok,

    Dan setelah dari rumah sakit beberapa harinya sempat sembuh kemudian kambuh lagi dengan gejala yang sama, saya sebagai orang tua khawatir melihat kondisi anak saya yang mimisan terus menerus badannya  kurus banget ringkih , sekian dok dari saya agar di berikan saran dan masukan  terimakasih wassalamualaikum wr wb

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan mimisan pada anak. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Mimisan pada anak bisa terjadi karena beberapa hal. Mimisan atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai epistaksis terdiri dari epistaksis anterior dimana pembuluh darah yang pecah adalah pembuluh darah bagian depan hidung yang berukuran kecil serta epistaksis posterior dimana pembuluh darah yang pecah adalah pembuluh darah yang lebih besar.

    Epistaksis anterior relatif lebih ringan karena perdarahan berlangsung lebih sedikit dan lebih singkat. Penyebabnya bisa karena beberapa hal mulai dari kebiasaan menggosok hidung terlalu kuat, karena suhu badan yang terlalu tinggi, suhu udara luar yang terlalu dingin dan kering serta masih banyak lagi.

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius. Keluhan ini merupakan keluhan umum yang kerap dialami oleh beberapa individu.

    Penyebabnya beraneka ragam sehingga perlu digali informasi mengenai karakteristik demam misalnya apakah demam tinggi mendadak ataukah naik perlahan, sejak kapan demam dirasakan, apakah demam terus menerus sepanjang waktu atau naik turun, adakah waktu tertentu yang menunjukkan suhu lebih tinggi misalnya pada sore dan malam hari serta gejala penyerta yang mengalami.

    Keluhan demam dan mimisan bisa saling terkait misalnya saja pada anak yang mengalami demam akibat demam berdarah dengue bisa mengalami mimisan ataupun pada kondisi lainnya. Banyaknya kemungkinan penyebab membuat pentingnya pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik pemeriksaan fisik maupun penunjang.

    Namun untuk penanganan awal adalah perbanyak asupan cairan anak untuk mencegah demam dan rapuhnya pembuluh darah, hindari anak kontak dengan suhu udara luar yang terlalu dingin ataupun panas, hindari kebiasaan menggosok hidung dan perbanyak asupan buah dan sayur.

    Untuk penjelasan dan penanganan lebih detail silakan periksakan langsung ke dokter.

    Silakan baca artikel berikut:

    Mengatasi Demam / Panas Pada Anak

    6 Penyebab Mimisan Pada Anak & Penanganan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Anak Mimisan Terus Menerus Bagaimana Solusinya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.