• Dok, apakah anemia aplastik itu mempunyai kaitan dengan hepatitis?? Cara penyembuhannya bagaimana? Adakah treatment khusus yang bisa dijalankan? Terimakasih!

    Selamat malam.

    Tidak ada kaitannya antara anemia aplastik dan hepatitis. Anemia aplastik merupakan penyakit kelainan darah dimana bone marrow atau sumsum tulang tidak memproduksi sel darah yang baru dalam jumlah yang cukup memadai, baik sel darah merah, sel darah putih, dan juga trombosit. Oleh karena itu pada anemia aplastik ketiga jenis sel darah tersebut menurun jumlahnya atau biasa disebut sebagai pansitopenia. Anemia aplastik bisa dicetuskan karena efek obat – obatan, radiasi, bahan kimia tertentu, dan lain sebagainya.

    Hepatitis sendiri merupakan infeksi pada hepar (hati) yang bisa disebabkan oleh beberapa hal misalnya karena infeksi, paparan bahan kimia tertentu, alkohol dan lainnya. Infeksi menjadi penyebab terbanyak hepatitis. Hepatitis bisa disebabkan karena infeksi virus hepatitis salah satu yang tersering adalah A, B, dan C. Hepatitis A menular melalui fecal oral atau biasa terjadi akibat kontaminasi makanan dengan kuman. Hepatitis B dan C tidak menular melalui makanan namun melalui hubungan seksual yang berisiko, jarum suntik, transfusi darah dan lainnya. Hepatitis A bisa sembuh dengan sendirinya sedangkan hepatitis B dan C butuh pengobatan yang lebih serius misalnya dengan interferon atau obat lainnya.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Mengenal Anemia Aplastik

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kaitan Anemia Aplastik dan Hepatitis

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.