• hallo dok ..
    saya Lilis , saya kena anemia sudah terbilang lama saya sudah berusaha untuk menambah darah dengan meng komsumsi sayuran tapi yang ada saya kehilangan mood makan sampai berat badan saya turun ,sekarang brat badan saya jadi 37 kg dari 40 kg kalau semakin lama saya jadi semakin kurus..

    terima kasih

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Anemia merupaka keadaan dimana seseorang mengalami kekurangan sel darah merah. Penyebabnya sangat banyak, misalnya anemia defisiensi besi yang terjadi pada seseorang yang vegetarian atau menjalani diet ketat, anemia akibat perdarahan misal karena menstruasi yang berlebihan, karena perdarahan hebat dan masih banyak lagi. Anemia juga merupakan suatu gejala penyakit tertentu seperti gangguan ginjal, kelainan darah, penyakit infeksi dan penyebab lainnya. Oleh karena itu jika memang anda mengalami kekurangan sel darah merah, yang perlu dicari tahu adalah penyebab keluhan ini bisa muncul. Karena anemia sendiri merupakan suatu gejala dari kondisi atau penyakit tertentu. Semakin baik menemukan penyebabnya maka akan semakin cepat juga kita bisa menangani keadaan ini.

    Jika memang karena gangguan nutrisi akibat diet ketat atau vegetarian maka memperbaiki asupan makanan bisa menjadi salah satu upaya mengatasi keadaan ini. Anda bisa mengkonsumsi kacang – kacangan, hati, susu, daging dan lain sebagainya untuk mengatasi kekurangan sel darah merah ini. Namun jika penyebab anemia karena penyakit lainnya maka tak cukup hanya dengan menggantinya dengan asupan makanan. Perlu upaya untuk mengatasi penyakit primernya. Oleh karena itu silakan periksakan langsung ke dokter kondisi anda agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang secara lebih detail untuk memastikan penyebab kondisi yang anda alami serta mendapat penanganan yang tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Anemia dan Tidak Nafsu Makan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.