• Selamat pagi dok, saya mau tanya apabila ingin tindakan laparoscopy untuk diagnosa apakah bisa dalam keadaan hamil muda? Saya nyeri perut kiri sudah menahun dan tidak kunjung sembuh, segala pemeriksaan sudah saya lakukan hingga ct scan namun tidak terdeteksi.

    Saya berniat untuk laparoscopy, namun saya sedang hamil 6 minggu. Apakahbisa dilakukan dok ? Terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri perut merupakan keluhan yang sangat sering dialami oleh beberapa individu. Keluhan ini bisa terjadi karena masalah ringan ataupun masalah lain yang lebih berat. Tipe nyeri yang dirasakan serta gejala penyerta yang dialami pasien juga turut membantu memberi informasi guna mengidentifikasi kemungkinan penyebab keluhan anda. Nyeri perut bisa terjadi seperti ditusuk – tusuk, tertekan, mulas, nyeri yang hilang timbul atau terus menerus.

    Berikut beberapa kemungkinan penyebab keluhan nyeri di perut kiri yaitu antara lain:

    1. Infeksi saluran kemih bisa menimbulkan rasa nyeri perut baik di kanan ataupun kiri. Keluhan nyeri bisa disertai pula dengan keluhan demam, mual, ataupun muntah.
    2. Batu pada saluran kemih juga bisa menyebabkan keluhan nyeri. Nyeri terasa pada bagian saluran kemih yang terkena. Jika mengenai saluran kemih bagian kiri maka keluhan nyeri akan terasa pada perut kanan. Keluhan nyeri umumnya terasa hilang timbul. Bisa disertai dengan gangguan berkemih dsb.
    3. Infeksi pada organ reproduksi misalnya cervicitis dan lainnya
    4. Tumor pada organ reproduksi misalnya mioma uteri
    5. Infeksi saluran cerna
    6. Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang. Penentuan apakah anda butuh dilakukan tindakan laparoskopi diagnostik atau tidak tergantung dari hasil pemeriksaan fisik oleh dokter karena tak semua penyakit harus ditegakkan diagnosisnya dengan pemeriksaan ini. Apalagi pemeriksaan ini sifatnya invasif. Jika tidak ada indikasi maka sebaiknya tidak melakukan pemeriksaan ini. Wanita hamil bisa melakukan tindakan ini namun harus memberitahukan kondisi kehamilan anda ke dokter untuk menekan risiko yang bisa muncul. Alangkah baiknya anda konsultasi langsung dengan dokter di daerah anda.

    Laparoskopi : Kegunaan, Prosedur, Efek Samping

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Bisa Melakukan Tindakan Laparoscopy Dalam Keadaan Hamil Muda?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.