• Nanda Darmawan

    Sebulan yang lalu tepatnya 1 Januari 2018 saya mengalami kecelakaan dan telah di operasi pemasangan pen di tulang selangka kiri.

    Tetapi setelah operasi tersebut bahu kiri saya terlihat lebih kecil dibanding bahu kanan. Apakah itu efek samping dari operasi tersebut atau bagaimana dok?  Dan apakah pelepasan pen nya nanti bisa dipercepat yang biasanya 1 tahun menjadi 8 bulan? Mohon penjelasannya.

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang waktu pelepasan pen. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Pen atau merupakan implan yang dipasang pada tulang yang patah (fraktur) bertujuan untuk mempertahankan kedudukan tulang dalam posisi  anatomis (posisi yang benar) hingga proses penyembuhan tulang benar – benar terjadi .

    Dengan pemasangan pen  diharapkan setelah operasi pasien fraktur bisa lebih cepat melakukan aktifitasnya dengan atau tanpa bantuan alat bantu. Jenis pen juga beraneka ragam.

    Pemilihan jenis pen yang dipasang pada fraktur berbeda – beda tiap kasusnya karena pemilihan pen ini tergantung dari jenis tulang yang mengalami fraktur serta jenis patahan  tulangnya.

    Begitu pula dengan waktu pelepasan pen berbeda – beda selain tergantung dari jenis patahan, tulang yang patah, hingga tergantung dari faktor individu masing – masing pasien.

    Oleh karena itu dokter yang memeriksa dan menangani anda lah yang tentu lebih tahu karena ia yang melakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjangnya.

    Bahu yang lebih kecil dibandingkan bahu yang sehat juga bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari proses penyembuhan yang belum sempurna hingga ketepatan penanganan.

    Silakan konsultasi dengan dokter ortopedi anda agar mendapat penjelasan lebih detail sesuai dengan hasil pemeriksaan yang dilakukan.

    Penyembuhan Patah Tulang


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Bisa Pelepasan Pen Dipercepat?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.