• Unimah

    Dok anak saya sukanya makan makanan yang seperti orang dewasa makan, yang keras apakah makanan itu  bisa merusak pencernaan atau tidak.</p>

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bayi makan keras. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Makanan bayi memang harus bertahap konsistensinya. Namun untuk anak di atas 1 tahun makanan sudah mulai bisa mendekati makanan orang dewasa.

    Pada anak anda selama makanan dikunyah dengan baik maka tidak akan ada masalah. Namun jika tidak dikunyah dengan baik bisa menyebabkan terjadinya kolik abdomen. Kolik abdomen kerap terjadi bayi (anak usia di bawah 1 tahun) bisa menimbulkan keluhan rasa nyeri pada perut.

    Kolik pada bayi bisa terjadi karena berbagai hal antara lain  karena sistem pencernaan yang belum berkembang dengan sempurna, perut kembung karena gas yang menumpuk, sistem saraf yang belum berkembang sempurna, infeksi saluran cerna hingga karena penyakit saluran cerna lainnya yang lebih berat seperti hirscprung dan juga invaginasi (usus bagian proksimal/ atas yang masuk ke usus bagian bawahnya).

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Kolik Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Anak Umur 14 Bulan Makan yang Keras ,bahaya Tidak?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.