• dok, saya mau bertanya..

    Teman saya seorang wanita, periksa ke dokter spesialis kandungan dan di diagnosa mengalami kista ovarium, tidak dianjurkan untuk oprasi dan hanya dianjurkan untuk mengkonsumsi pil KB. pertanyaan saya

    Sebenarnya apa fungsi pil kb dalam kasus ini?

    jika memang harus minum pil KB, pil KB jenis apa yang baik untuk kasus ini?

    Dan kapan harus dihentikan konsumsi pil KB tersebut?

    Dan terakhir, menurut dokter, apa tindakan lain yang harus dilakukan?

    Terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan kista ovarium. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Kista ovarium merupakan masalah kesehatan yang bisa terjadi pada wanita. Penyebabnya beraneka ragam salah satunya karena gangguan hormonal.

    Pengobatan kista dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain jenis kista, ukuran kista, dan lain sebagainya. Pengobatan ada yang bisa dengan medikamentosa (obat – obatan, misal pil kontrasepsi) namun ada juga yang butuh tindakan pembedahan (operatif).

    Tindakan operatif pada umumnya baru dipertimbangkan pada kista yang berukuran lebih dari 6cm, kista yang tampak membesar atau tidak mengecil setelah 2 hingga 3 siklus menstruasi.

    Operasi yang dilakukan bisa berupa tindakan laparoskopi. Setelah dilakukan tindakan operatif sebenarnya anda disarankan untuk segera mencoba untuk hamil, tidak perlu ada jeda waktu yang khusus. Segera setelah operasi seharusnya sudah bisa terjadi fertilisasi (pembuahan) jika melakukan hubungan intim di masa subur.

    Pada kasus anda kemungkinan ukuran kista masih kecil sehingga belum butuh tindakan operatif. Pil KB berisi obat hormonal. Obat ini bisa membantu mengecilkan ukuran kista.

    Karena kista bertambah besar salah satunya karena hormon yang tidak stabil. Untuk penjelasan lebih lanjut seputar pengobatan yang diberikan alangkah baiknya konsultasi langsung dengan dokter yang menangani anda karena penghentian atau pemberian obat tergantung hasil pemeriksaan yang dilakukan.

    Kista Ovarium

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Fungsi Pil Kb Dalam Mengalami Kista

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.