• Assalammualaikum Wr.Wb

    Selamat pagi dok, Saya wulan 24 tahun. Saya mau bertanya dok beberapa terakhir ini saya sering merasa emosional saya tidak menentu dok terkadang emosi terkadang merasa sedih sampai kepala saya merasa sakit. Bahkan saya sering sekali tersinggung dengan perkataan orang lain.

    Apakah saya harus ke dokter psikologi atau harus bagaimana ya dok? Terima kasih sebelumnya dok.

    Wassalamumulaikum Wr.Wb

    Waalaikum salam. Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Emosi baik itu senang, sedih, marah, kesal dan lainnya sebenarnya merupakan hal wajar dan manusiawi yang dialami oleh tiap orang asalkan tidak berlebihan. Setiap orang yang sehat secara jiwa mampu mengontrol segala bentuk emosi yang dirasakannya. Peluang untuk rasa tersinggung akan terbuka luas jika kita salah dalam menilai diri sendiri. Terkadang yang menjadi masalah adalah kita tidak mampu untuk mengendalikan emosi yang ada dalam diri kita. Oleh karena itu alangkah baiknya kita berusaha  memperbaiki diri, yaitu dengan cara berusaha untuk menilai ulang diri kita sendiri. Maksudnya adalah upayakan agar kita tidak menilai secara berlebihan terhadap diri kita sendiri. Hal ini penting agar kita tidak mudah marah, tersinggung atau sedih hanya karena orang lain atau sebab tertentu.

    Penyebab seseorang mudah marah dan tersinggung bisa juga karena efek samping obat – obatan yang diminum, orang yang sedang sakit secara medis seperti darah tinggi, stroke, hipertiroid, atau karena sebab lainnya. Jika memang anda merasa anda tidak atau belum mampu mengontrol emosi anda, maka anda bisa minta bantuan orang lain yang lebih ahli seperti dokter kesehatan jiwa (psikiater) atau juga bisa minta bantuan psikolog guna mencari tahu penyebab keluhan anda tersebut serta dapat diberi solusi terbaik sesuai dengan kondisi anda.

    Apa itu Bipolar Disorder? Penyebab dan Cara Mengatasi


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Harus Ke Dokter Psikologi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.