• Muhasabah

    Dear Dokter

    Saya pernah mengalami herpes zoster  tahun 2014 dibagian sisi sebelah kiri panggul dan paha.. Saat ini saya sedang mengalami keluhan yang sama.. apakah berbahaya penyakit tersebut dan apakah seseorang bisa kambuh untuk kesekian kali terhadap penyakit tersebut.

    Terima kasih

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan herpes zozter. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Herpes zoster merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi virus yang sama dengan cacar air yakni infeksi virus varicella herpes zoster.

    Gejala klinis  yang muncul berupa munculnya ruam yang tampak melepuh disertai keluhan nyeri, gatal ataupun kesemutan pada bagian tubuh yang mengalami ruam tersebut. Keluhan kulit biasanya hanya muncul pada satu sisi tubuh saja.

    Keluhan ini biasanya didahului oleh demam, meriang, dan badan pegal – pegal. Perlu dipastikan apakah benar yang anda alami saat ini adalah herpes zoster ataukah karena sebab lainnya.

    Herpes zoster bisa berulang terjadi jika anda mengalami infeksi virus yang sama. Pengobatan yang diberikan biasanya hanya terapi simptomatik untuk mengurangi gejala.

    Jika pasien merasa demam ataupun merasa nyeri di daerah lesi, maka dapat diberikan paracetamol untuk mengatasi keluhan tersebut.

    Jika pasien merasakan gatal di daerah lesi, maka dapat diberikan obat anti histamin untuk mengurangi nyeri.  Untuk pengobatan topikal dapat diberikan krim acyclovir

    Herpes Zoster

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Herpes Zoster Berbahaya, Apa Juga Bisa Kambuh?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.