• salsabila13alfani

    Selamat pagi, dok saya mau nanya apa itu diet golongan darah dan apa maksudnya lalu bagaimana cara melakukan diet gol darah?

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang diet golongan darah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Diet golongan darah mengatur pilihan jenis makanan berdasarkan golongan darah. Misalnya saja untuk golongan darah A sebaiknya menghindari terlalu banyak makan daging merah (cenderung menjadi vegetarian) dan memperbanyak makan makanan seperti sayur, buah, kacang dan biji – bijian.

    Diet golongan darah sebenarnya masih kontroversial dalam dunia kedokteran karena untuk melakukan diet tetap harus menjaga keseimbangan menu makanan. Oleh karena itu saya tidak akan menjelaskan terlalu detail diet ini sebagai dasar anda untuk melakukan penurunan berat badan.

    Untuk menurunkan berat badan sebanyak 0,5 – 1 kg perlu dilakukan pembakaran kalori sekitar 500 kalori atau lebih. Caranya bisa dilakukan dengan berolahraga dan membatasi asupan makanan yang dikonsumsi.

    Perlu  diingat agar penurunan berat badan jangan terlalu drastis dan mendadak karena efek samping yang ditimbulkan malah akan membahayakan kesehatan anda.

    Olahraga yang baik dilakukan selama 30 hingga 45 menit sebanyak 4 – 5 kali dalam seminggu. Sebaiknya olahraga juga jangan berlebihan karena malah akan menimbulkan masalah baru.

    Asupan makanan anda juga perlu dijaga, hindari makan makanan tinggi kalori seperti mie instan dan gorengan. Pilihlah makanan yang diolah dengan cara direbus atau dikukus dibandingkan dengan digoreng. Penjelasan lebih detail silakan konsultasi langsung dengan dokter di daerah anda.

    Silakan baca artikel berikut yang terkait dengan keluhan yang anda rasakan:

    Buah untuk Diet : Cara Sehat Menurunkan Berat Badan

    Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa itu Diet Golongan Darah, dan Cara Melakukannya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.