• Martha rumbino

    selamat malam dokter saya seorang gadis berusia 28 tahun, saya sering mengalami gatal-gatal pada seluruh tubuh saya, yang di awali dengan bintik-bintik merah dan terasa gatal sekali.

    sering saya garuk sampai bisa jadi luka kecil, saya sudah minum obat tapi hasilnya tetap sama,yang ingin saya tanyakan di sini ?

    1. Apa yang harus saya lakukan agar tidak alergi lagi?

    2. Obat apa yang harus saya minum?

    Itu saja yang ingin saya tanyakan, sebelumnya saya mohon maaf jika ada kata yang salah dalam pertanyaan saya!!

    TERIMAKASIH .

    Selamat siang.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com mengenai alergi makanan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Pertama – tama yang harus dipastikan apakah benar yang ibu anda alami adalah karena alergi makanan atau karena hal lain? Sayangnya anda tidak menjelaskan keluhan yang dialami dan kronologi kejadian secara rinci serta makanan yang dikonsumsi ibu. Makanan memang bisa menyebabkan alergi. Gejala yang muncul bisa berupa ruam kemerahan, gatal pada kulit, bengkak pada bibir dan mata hingga sesak napas dan juga pingsan.Biasanya keluhan ini muncul dalam waktu cepat mulai dari beberapa menit hingga 24 jam pasca konsumsi. Meskipun pada beberapa kasus bisa muncul lebih lambat.

    Jika memang benar keluhan yang  anda alami adalah karena alergi maka pengobatan pertama adalah menghindari paparan terhadap alergen dalam hal ini adalah makanan yang anda konsumsi. Pengobatan lain hanyalah bersifat simtomatis untuk meredakan gejala misalnya bisa diberikan obat alergi misalnya golongan anti histamin. Selain itu bisa juga diberi obat lain seperti golongan steroid dan obat lainnya untuk meredakan gejala yang muncul. Ada baiknya anda memeriksakan kondisi anda terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda serta mendapat penanganan yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apa Obat Alergi Makanan Seafood?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.