• Selamat malam dok. Saya dan anak saya umur 3 tahun saat ini sedang terkena scabies dok. Sudah diberi salep,minyak kayu putih sampai bawang putih pun sudah kami coba. Akan tetapi tetap sajak gatalnya masih terasa.

    Pertanyaan saya, ada tidak ya obat dalam yang dapat kita minum agar cepat sembuh dok? Terima kasih dok.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Skabies merupakan penyakit kulit yang terjadi akibat infeksi parasit Sarcoptes scabei. Penyakit ini merupakan penyakit yang mudah menular. Biasanya menyerang anggota keluarga yang tinggal serumah atau sekelompok orang yang berada pada satu lingkungan misalnya asrama, sekolah dan lain sebagainya. Penyakit ini tidak bisa sembuh sendiri melainkan harus diobati hingga tuntas dengan obat anti parasit, misalnya scabimite, scabisid, salep 2-4 dan lain sebagainya. Tidak ada obat oral yang dapat digunakan untuk membunuh parasit penyebab skabies. Obat oral yang digunakan hanyalah obat antihistamin untuk meredakan keluhan gatal dan juga obat simptomatik lainnya.

    Pengobatan dengan permetrin 5% atau dijual dengan nama dagang scabimite merupakan salah satu pengobatan yang paling efektif dan minimal efek samping.  Krim ini harus digunakan selama 8 hingga 10 jam nonstop dan dapat diulang kembali satu minggu kemudian jika penyakit masih berlanjut. Pengobatan harus dilakukan secara menyeluruh kepada semua anggota keluarga yang terinfeksi. Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penularan yang terus menerus. Selain itu semua pakaian, seprai, dan handuk yang digunakan s harus dicuci bersih dengan menggunakan air panas. Tempat tidur/ kasur, sofa, dan lainnya juga perlu dijemur di bawah terik sinar matahari. Langkah – langkah ini berperan untuk membunuh parasit hingga tuntas.
    Silakan baca artikel berikut ini:

    Mengenal Penyakit Scabies (Kudis, Gudik) dan Pengobatannya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengobati Penyakit Scabies?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.