• Selamat sore dok, saya Kristin 22 tahun, saya mempunyai seorang anak bayi yang usianya baru sebulan lebih. Anak saya ini suka menangis berjam jam bahkan sulit sekali untuk di diamkan. Kami selaku orang tuanya sudah membawa kedokter spesialis anak, tapi tidak ada perubahan hingga saat ini. Yang ingin saya tanyakan apa obat untuk sakit kolik dan dimana tempat konsultasi untuk menanggani bayi kolik daerah Pontianak ? Terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebenarnya penyebab bayi menangis lama dan tak mau diam bisa karena berbagai hal mulai dari rasa tak nyaman yang dialami bayi akibat suhu udara yang terlalu panas, adanya rangsangan cahaya ataupun bunyi yang membuatnya tak nyaman, kehausan dan kelaparan, popok yang basah karena kencing atau BAB hingga karena adanya gangguan kesehatan pada bayi seperti kolik abdomen. Kolik abdomen atau rasa nyeri pada perut bayi memang kerap membuat bayi menangis selama berjam – jam.

    Kolik pada bayi bisa terjadi karena berbagai hal antara lain  karena sistem pencernaan yang belum berkembang dengan sempurna, perut kembung karena gas yang menumpuk, sistem saraf yang belum berkembang sempurna, infeksi saluran cerna hingga karena penyakit saluran cerna lainnya yang lebih berat seperti hirscprung dan juga invaginasi (usus bagian proksimal/ atas yang masuk ke usus bagian bawahnya).

    Sebenarnya anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Jika dinyatakan tidak ada masalah pada organ tubuh bayi maka kemungkinan penyebab bayi rewel adalah karena ketidaknyamanannya. Ada baiknya juga anda mengobservasi apa yang membuat bayi merasa nyaman mulai dari mengatur suhu ruangan, mengatur penerangan dalam kamar, mengurangi bising yang dapat menggangu tidurnya bayi dan lain sebagainya. Pelukan dan sentuhan ibu juga bisa membuat bayi merasa lebih tenang dan nyaman.

    Penyebab Kolik Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Obat untuk Bayi Kolik?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.