• Noni

    Dok, saya wanita,36 tahun,  sudah 4 hari gondongan. Saya di kasih inclovir  500 mg oleh dokter yang memeriksa saya. Dengan aturan minum 3 x 2. Selama 5 hari.

    Saya baru minum inclovir 2 x. Saya mau tanya inclovir antivirus untuk cacar atau gondok? Saya google antivirus untuk gondongan isoprinosine 500 mg ya..apakah benar?

    Sebaiknya saya minum isoprinosine atau inclovir? Untuk mengempiskan bengkak akibat gondongan pakai apa?

     

    Terima kasih.

     

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan gondongan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Gondongan merupakan infeksi pada kelenjar air liur di pipi (kelenjar parotis) atau disebut juga dengan parotitis. Penyebabnya karena infeksi virus. Gejala yang muncul antara lain pipi bengkak, demam, badan pegal – pegal dan keluhan lainnya.

    Beberapa penyakit lainnya juga kerap memiliki keluhan yang sama dengan gondongan sehingga penting dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang guna memastikan penyebab keluhan.

    Pengobatan gondongan kebanyakan simptomatik untuk mengatasi gejala. Hal ini dikarenakan penyakit ini merupakan penyakit akibat virus yang bisa sembuh dengan sendirinya selama daya tahan tubuh pasien baik.

    Pengobatan simptomatik yang diberikan biasanya berupa obat anti demam dan anti nyeri serta pemberian vitamin untuk daya tahan tubuh. Anti virus kadang juga bisa diberikan.

    Inclovir dan isoprinosine sama – sama berfungsi untuk antivirus sehingga cukup mengkonsumsi salah satunya saja. Inclovir bisa diberikan untuk berbagai macam jenis virus dan bukan hanya cacar saja. Untuk penjelasan lebih detail silakan kunjungi dokter di daerah.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Gondongan, Cara Penularan, dan Pencegahan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Obat untuk Gondongan?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.