• Ainun Jariah

    Dok saya mau tanya pembalut yang aman digunakan saat haid itu apa? karena pembalut yang saya gunakan sekarang membuat iritasi pada selangkangan.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang pembalut yang tepat. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Sebenarnya tidak ada istilah pembalut yang aman atau tidak. Pembalut merk apapun dapat anda gunakan asalkan tidak ada alergi yang menyebabkan keluhan. Iritasi pada selangkangan yang anda alami bisa terjadi karena lem pembalut yang menempel di kulit, gesekan plastik pembalut dengan selangkangan, hingga daerah selangkangan yang lembab. Sebenarnya tidak hanya pembalut yang bisa menimbulkan iritasi pada selangkangan namun juga bisa karena sebab lain misalnya renda atau pinggiran celana dalam, jeans yang menempel ke kulit dan lain sebagainya.

    Untuk kasus anda, ada baiknya menghindari lem dari pembalut (biasanya pada pembalut bersayap) menempel pada kulit anda. Selain itu hindari gesekan kulit dengan pinggiran pembalut. Sebaiknya sering ganti pembalut untuk mencegah kelembaban berlebih yang meningkatkan risiko iritasi. Anda juga bisa mengoleskan lotion pada selangkangan anda untuk meminimalisir gesekan. Jika belum ada perbaikan ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Pembalut yang Aman Digunakan Saat Haid?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.