• Anak saya tiba tiba muntah dan setiap intensitas nya semakin sering, dia tidak panas dok. Mohon petunjuk nya dok Terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan muntah pada anak. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan mual dan muntah memang sering sekali dialami oleh beberapa individu mulai dari anak – anak hingga orang dewasa. Keluhan ini umumnya sangat mengganggu, apalagi jika terjadi pada anak. Pada anak – anak ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan ini yaitu antara lain sebagai berikut:

    1. Gastroenteritis atau infeksi pada saluran cerna. Penyebab infeksi bisa karena bakteri, virus, parasit ataupun mikroorganisme lainnya. Keluhan yang muncul selain mual dan muntah umumnya juga disertai adanya diare.
    2. Alergi atau pun iritasi makanan. Beberapa makanan cenderung menyebabkan terjadi alergi atau pun iritasi makanan dengan keluhan berupa mual, muntah dan sakit perut. Makanan yang sering menimbulkan alergi antara lain terlur, susu, kedelai, ikan dan lain sebagainya.
    3. Cemas dan stress juga bisa menimbulkan keluhan ini. Bukan hanya orang dewasa, anak – anak pun bisa mengalami stress dan kecemasan misal karena tugas sekolah, ujian, permusuhan dengan teman dan lain sebagainya.
    4. Keracunan makanan juga bisa menyebabkan keluhan ini. Umumnya mual dan muntah terjadi tak lama setelah makan makanan tertentu penyebab keracunan.
    5. Makan terlalu banyak juga bisa menyebabkan keluhan mual dan muntah. Hal ini juga kerap kali terjadi pada anak, apalagi anak jarang bisa mengontrol keinginannya.
    6. Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab membuat pentingnya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan atau pun pemeriksaan penunjang. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Cara Aman Mengatasi Muntah pada Anak

    Penyebab Bayi Muntah dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Bayi Muntah dan Setiap Intensitas Nya Semakin Sering

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.