• donnamrd

    Dok saya mau tanya, kenapa ya bibir saya akhir akhir ini suka bengkak, awalnya gatal tiba tiba bengkak, saya pikir seperti habis digigit binatang tapi bengkak nya tidak seperti digigit binatang, saya pernah punya alergi terhadap ayam dulu pernah seperti ini tapi sudah lama tidak pernah seperti ini lagi, ini kenapa ya dok? Terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bibir bengkak. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan bibir bengkak sering sekali dialami oleh beberapa individu. Penyebabnya beraneka ragam mulai dari hal ringan atau karena penyakit tertentu yang lebih berat. Berikut akan dibahas beberapa kemungkinan penyebab keluhan bibir bengkak:

    • Alergi juga bisa menjadi penyebab bibir bengkak misalnya alergi terhadap kosmetik tertentu terutama lipstik. Jika kontak terus menerus dengan bahan penyebab alergi maka bibir akan semakin bengkak, gatal dan menjadi kering. Selain karena kosmetik, alergi juga bisa karena makanan hingga obat –obatan.
    • Gigitan binatang juga bisa menyebabkan keluhan bibir bengkak. Biasanya gigitan ini tidak disadari karena terjadi saat pasien masih tidur.
    • Penyebab lainnya

    Dalam forum ini saya tidak bisa memastikan penyebab keluhan anda karena harus dilakukan pemeriksaan diri secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan atau pun penunjang secara lebih detail. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Jika karena alergi maka bisa diberikan obat alergi misalnya golongan anti histamin. Selain itu bisa juga diberi obat lain seperti golongan steroid dan obat lainnya untuk meredakan gejala yang muncul.

    Silakan baca artikel berikut:

    Penyebab Bibir Bengkak dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Bibir Membengkak di Sertai Gatal

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.