• Ryuga lestari

    Selamat malam dok..

    Saya memiliki bayi 8 bulan kurang 9 hari, bayi saya menceret sudah 2 Minggu saya, awalnya bab nya lancar 1 x sehari saya berganti susu formula Dr fisenfleg 6-12 menjadi SGM 6-12 ternyata anak saya bab bisa 3-4x dalam sehari.

    Awalnya menceret namun berlanjut jadi menceret dan lebih sering akhirnya saya ganti kembali ke susu awal itu tetap saja tidak ada perubahan dan malah menimbulkan ruam popok di bagian kemaluannya, saya bingung apakah karena susu atau apa ya?

    Dan jika mau ganti susu formula sebaiknya susu apa ya?  dan tidurnya pun gelisah posisi tidurnya tengkurap mengangkat bokong nya, seperti merasakan sesuatu pada perut nya

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan BAB pada bayi dan ruam di bagian kemaluan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Neonatus atau bayi baru lahir memiliki rentang usia 0 hari sampai 1 bulan. Definisi bayi sendiri merupakan anak dengan usia 1 bulan hingga 1 tahun.

    Tiap bayi memiliki pola buang air besar (BAB) yang berbeda. Namun menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia  frekuensi BAB normal pada bayi dengan usia 6 hingga 12 bulan berlangsung sekitar 2- 4 kali dalam sehari.

    Pada bayi baru lahir frekuensi BAB bisa berlangsung 4- 10 kali dalam sehari dan hal ini masih dianggap normal dan bukan termasuk diare.

    Ada beberapa hal yang mempengaruhi frekuensi buang air besar pada bayi antara lain ASI atau susu formula yang dikonsumi, makanan tambahan pendamping ASI, pola makan dan minum, aktivitas, dan juga kecepatan tubuh bayi untuk mencerna makanan yang masuk.

    Adanya perubahan pada salah satu faktor tersebut maka gangguan pada buang air besar bisa saja terjadi. Selain sebab di atas, bisa juga terjadi karena infeksi dan lain sebagainya.

    Begitu pula ruam pada kemaluan bisa terjadi karena alergi, kulit yang terlampau lembab, infeksi jamur dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan kondisi bayi anda  sebaiknya periksakan langsung ke dokter. Pengobatan yang terbaik akan diberikan setelah ditentukan penyebabnya.

    Silakan baca artikel berikut:

    Ciri-ciri Alergi Susu Sapi pada Anak

    Cara Tuntas Mengatasi Diare pada Bayi dengan Aman

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab & Cara Menghentikan Diare pada Bayi 7bln

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.