• Dok, sudah 3 bulan dada saya panas terus.. Gejala nya dada panas tapi saya TIDAK merasakan ada keluhan seperti sakit pada perut/dada/punggung, tidak mual, tidak sesak nafas, tidak sulit menelan, tidak kembung,dsb.. apa itu termasuk gejala gerd? Tapi waktu itu saya pernah ke dokter gastro dan dokternya hanya bilang kalau saya emosional dan tidak berpikir rasional.. Beliau bilang kalau saya ingin sembuh dari sensasi dada panas maka saya harus positive thinking.. Lalu saya juga tidak disuruh dokternya untuk endoscopy. Saya cuma dikasih obat lansoprazole 3x sehari dan sayangnya saya tidak merasakan perubahan setelah minum obat tersebut. Rasa panas itu tetap ada, dok. Sensasi panas yang saya rasakan di dada adalah hangat persis seperti habis pakai koyo/balsem di dada.. Anehnya, saat saya tidur, saya sama sekali tidak merasakan sensasi panas di dada.. Kecuali 20 menit setelah bangun tidur, sensasi panas tersebut datang lagi secara perlahan. Menurut dokter, apakah saya mengalami gejala gerd atau panas dalam biasa? Atau apakah ini semua hanya psikosomatis? Saya akui, pikiran saya setiap hari berat hanya karena memikirkan panas dada ini. Saya sering bepikir macam-macam tentang panas di dada saya. Ditambah saya sering browsing tentang dada panas dan yang keluar adalah penyakit2 serius yang menyeramkan seperti GERD membuat saya tambah stress, dok. Apa ini semua psikosomatis? Terima kasih dok.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan dada terasa panas bisa disebabkan oleh banyak hal. Untuk memastikannya perlu dipastikan dengan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Oleh karena itu dalam forum ini saya tidak bisa memastikan penyebab keluhan anda, namun hanya bisa memberikan kemungkinan penyebabnya saja.

    Secara umum ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan dada terasa panas yaitu antara lain:

    1. Spasme otot dada di bagian sela – sela tulang rusuk sering menyebabkan rasa nyeri dada.
    2. Penyakit jantung koroner (PJK) salah satu penyebab tersering nyeri dada. Rasa nyeri terjadi pada dada sebelah kiri yang terasa seperti terhimpit benda berat atau terasa panas. Gejala ini menjalar ke lengan kiri, punggung, maupun ke rahang. Pasien juga bisa mengalami keringat dingin.
    3. GERD atau gastroesofageal refluks disease juga menjadi salah satu penyebab nyeri dada yang terasa panas. Hal ini terjadi karena asam lambung yang meningkat dan naik hingga ke tenggorokan sehingga menyebabkan keluhan rasa tak nyaman di bagian dada dan kadang juga dirasakan seperti adanya rasa panas di dada.
    4. Faktor psikosomatis. Jika tidak ditemukan kelainan fisik yang terjadi maka faktor psikosomatis menjadi kemungkinan utama keluhan nyeri dada seperti yang anda alami.
    5. Penyebab lain

    Ada baiknya anda menenangkan pikiran anda. Hindari stress berlebihan karena faktor psikis ini seringkali menimbulkan keluhan – keluhan pada pasien. Jika anda masih kurang yakin silakan periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam lainnya guna mendapatkan second opinion.

    Kenali Penyebab Nyeri Dada yang Anda Alami

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu,

     

    Terimakasih jawabannya Dok. Menurut dokter, apa keluhan saya (panas di dada tanpa mual/nyeri/dsb) mengharuskan saya untuk menjalani endoskopi? Saya mau endoskopi tapi keluhan sepertinya kurang mendukung.. Endoskopi yang saya tahu harusnya dianjurkan untuk yang pasien yang menderita sakit perut, muntah2, perih, kesulitan menelan dll.. Sedangkan keluhan saya hanya panas dada saja. Oh iya dok, apakah ada cara lain selain endoskopi untuk mengetahui adanya masalah/tidak pada lambung misalnya test darah laboratorium? Terima kasih dok

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Dada Panas Selain GERD?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.