• Dok, usia saya masih 22 tahun ,tapi gigi bawah saya sudah bolong 3 gigi (1 Gigi Geraham Pertama sebelah kanan, 2 Gigi Geraham Pertama dan Gigi Taring sebelah kiri).

    dulu sewaktu bolong kecil enggak langsung saya tambal tapi saya diamkan, akhirnya gigi saya yang bolong tersebut sudah tidak ada bentuknya (Hancur seperti ompong) tetapi masih ada akar giginya.

    Gigi saya yang bolong tersebut selalu nyeri dan bengkak kalau lagi kumat, ini juga mengganggu saya ketika saya sedang makan. Solusinya bagai mana ya dok? Apakah harus dicabut? Tetapi kalau dicabut gigi saya jadi ompong, apakah saya harus pasang gigi palsu? Terima Kasih dok.

    Selamat siang.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang gusi bengkak dan gigi berlubang. Saya dr Dina akan mencoba menjawab pertanyaan anda.

    Gusi merupakan salah satu organ dalam rongga mulut yang penting perannya sebagai jaringan penyokong gigi. Gusi yang sehat memiliki warna merah muda, kencang dan dapat menopang gigi dengan kuat. Gusi dapat bermasalah biasanya karena menumpuknya plak pada gigi dan melukai gusi yang berada di sekitarnya. Plak merupakan sisa makanan, minuman, dan kotoran pada gigi yang menumpuk dan mengeras sehingga dapat menempel kuat pada gigi. Pada plak juga biasanya berkembang bakteri yang mengganggu kesehatan gigi dan gusi. Gigi yang berlubang juga memudahkan kuman masuk ke dalam bagian – bagian gigi dan gusi sehingga menimbulkan infeksi pada gusi.

    Gigi yang berlubang atau dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai karies dentis memiliki beberapa tahapan karies, mulai dari lubang hanya pada lapisan luar gigi hingga ikut sertanya jaringan saraf yang menyokong gigi. Keluhan gigi berlubang biasanya terjadi karena kebersihan rongga mulut yang tak terjaga misalnya menumpuknya plak pada gigi akibat tidak rutin menggosok gigi, dan lain sebagainya. Gigi yang berlubang juga memudahkan kuman masuk ke dalam bagian – bagian gigi dan gusi sehingga menimbulkan infeksi pada gusi.

    Jika terjadi infeksi pada gigi dan gusi bisa diobati oleh beberapa cara misalnya dengan pemberian obat – obatan seperti antibiotik untuk membunuh kuman penyebab, obat analgetik dan antiinflamasi untuk menghilangkan nyeri dan juga peradangan. Jika infeksi sudah teratasi baru bisa dilakukan tindakan selanjutnya baik berupa penambalan atau pencabutan. Pada kasus anda kemungkinan tindakan pencabutan adalah yang paling tepat mengingat hanya tersisa akar gigi saja. Namun untuk memastikan sumber permasalahnnya dan menentukan terapi terbaik perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi. Jika memang gigi harus dicabut, maka disarankan pemasangan gigi palsu untuk menghindari pergeseran gigi yang lainnya akibat tempat yang kosong tersebut. Silakan konsultasi dengan dokter gigi anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Perawatan Gigi Berlubang : Tambal atau Cabut?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Gusi Bengkak

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.