• Malam dok

    Dok mau tanya, saya mengalami sakit perut seperti diremas-remas dan ketika saya minum obat sakit perut, reaksinya muntah dan termasuk obatnya keluar, ketika saya ke rumah sakit dan di tes darah leukosit saya tinggi sekitar 1800

    Terima kasih dok

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Leukosit atau sel darah putih berperan sebagai salah satu mekanisme pertahanan tubuh. Leukosit berguna untuk melawan benda asing yang masuk ke tubuh misalnya kuman penyebab infeksi, sel – sel tumor dan lain sebagainya. Nilai normal leukosit dalam darah sebenarnya bervariasi tergantung beberapa keadaan. Pada orang dewasa rata – rata nilai normal leukosit berkisar antara 4500 hingga 10.700. Pada hasil pemeriksaan laboratorium darah yang telah anda lakukan diketahui bahwa nilai leukosit 1800 atau 18.000? Jika 1800, maka keadaan ini justru disebut sebagai leukopeni atau jumlah sel darah putih di bawah normal. Hal ini bisa terjadi pada beberapa keadaan seperti infeksi virus dan parasit serta kondisi lainnya. Sedangkan jika 18.000 maka keadaan ini disebut leukositosis atau sel darah putih yang berada di atas normal jumlahnya. Leukositosis juga bisa terjadi karena infeksi terutama bakteri, keganasan pada sel darah, dan lain sebagainya.

    Oleh karena itu ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Pengobatan yang diberikan tergantung dari jenis penyebab.

    Silakan anda baca artikel berikut ini:

    Nilai Normal Leukosit pada Dewasa dan Anak

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Leukosit Tinggi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.