• Lena

    Awalnya pernah saya makan tape belum sarapan ehh satu jam kemudian sakit di bawah payudara sebelah kiri seperti susah sekali bernapas jadi napas harus ditahan dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sangking sakitnya, berbaring salah duduk salah tapi lebih sakit kalo berbaring dan berbaring kekiri kekanan juga sakit, setelah setengah jam sakitnya makin ringan dan mulai ringan bernapas.

    Bulan berikutnya saya makan pepaya pagi sebelum sarapan nasi ehh terulang lagi kejadian itu. Setelah itu kadang kadang terasa sakit tapi tidak parah berarti kalo ditarik napas atau di pegang bagian yang terasa sakit itu terasa tapi tidak parah berarti, dan tidak ditandai sakit apapun kalo lagi terasa.

    Saya mau tanya dok. Apa penyebab dan penyakit apa itu dok? Seberapa berbahayanya dok. Terkadang saya mau tanya kepuskesmas tapi saya bingung karna sakitnya biasa saja. terima kasih

    Selamat siang.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan nyeri dada. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan nyeri dada bisa disebabkan oleh banyak hal dan hal ini bisa dialami oleh beberapa individu. Keluhan nyeri ada yang terasa seperti ditusuk – tusuk, dada terasa tertekan atau seperti terhimpit benda berat, dan lain sebagainya. Hal – hal ini penting digali untuk membantu menentukan kemungkinan penyebab.

    Secara umum ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan nyeri dada yaitu antara lain:

    1. Spasme otot dada di bagian sela – sela tulang rusuk sering menyebabkan rasa nyeri dada. Rasa nyeri bisa terjadi juga saat pasien menarik napas dalam.
    2. Penyakit jantung koroner (PJK) salah satu penyebab tersering nyeri dada. Rasa nyeri terjadi pada dada sebelah kiri yang terasa seperti terhimpit benda berat atau terasa panas. Gejala ini menjalar ke lengan kiri, punggung, maupun ke rahang. Pasien juga bisa mengalami keringat dingin.
    3. Infeksi paru – paru misalnya pneumonia juga bisa menyebabkan keluhan nyeri dada. Namun umumnya disertai gejala lainnya seperti demam, batuk dan lain sebagainya.
    4. GERD atau gastroesofageal refluks disease juga menjadi salah satu penyebab nyeri dada. Hal ini terjadi karena asam lambung yang meningkat dan naik hingga ke tenggorokan sehingga menyebabkan keluhan rasa tak nyaman di bagian dada dan kadang juga dirasakan seperti adanya rasa panas di dada.
    5. Penyebab lain

    Silakan anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang diperlukan untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu,

     

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Nyeri di Bawah Payudara Sebelah Kiri?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.