• feriansyah

    Saya mengidap penyakit vitiligo, saya gak tau,,,kalau itu adalah vitiligo awalnya,,,,semenjak saya kuliah dan usia saya masuk 20 keatas ,,,tiba2 bagian dada,,tangan,dan kaki saya bahkan leher saya udah banyak bermunculan bercak2 putih,,,saya bingung,,,dan khawatir,,,,apa penyebabnya dok? dan apa cara mengatasinya. apakah dapat disembuhkan?

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan vitiligo. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Vitiligo adalah penyakit yang menyebabkan kulit kehilangan warna. Vitiligo bisa terjadi di bagian tubuh manapun. Vitiligo terjadi karena faktor genetik ataupun keturunan yang membuat gangguan pada pigmen dimana sel pembentuk melanin (melanosit) mati atau berhenti memproduksi melanin. Vitiligo bisa terjadi akibat penyakit yang menyerang sistem imun tubuh hingga karena paparan bahan kimia. Vitiligo bisa terjadi pada semua usia. Paling sering muncul sebelum usia 20 tahun.

    Pengobatan vitiligo tidak bisa dicegah perkembangannya. Beberapa obat ada yang digunakan untuk memperbaiki gejala vitiligo antara lain terapi sinar, takrolimus, pembedahan (pencangkokan), dan lain sebagainya. Masing – masing pengobatan ada efek sampingnya masing – masing sehingga butuh pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan pengobatan mana yang paling tepat sesuai dengan kondisi klinis anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Vitiligo : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

     

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Vitiligo dan Cara Mengatasinya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.