• Dok, telinga kanan saya sudah sebulan lalu gatal sekali dan akhirnya saya ke tht. Katanya iritasi dan dikasih obat tetes duoxal untuk 4 hari, selang seminggu gatalnya terasa lagi sampe ke tenggorokan sebelah kanan. Gatal & sakit serta hidung kanan mampet.

    Lalu saya kembali lagi ke tht katanya saya alergi padahal saya gak punya alergi, saya diberi obat radang dan obat alergi tapi gatalnya tidak berkurang sama sekali. Sekarang dok, telinga saya masih gatal seperti sebelumnya tetapi baru 2 hari lalu saya terasa pusing jika miring ke kanan. Jadi sebenarnya saya kenapa ya dok? Terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal pada telinga bisa terjadi karena beberapa hal antara lain karena alergi, jamur, hingga karena adanya serumen (kotoran telinga) yang menumpuk. Bisa jadi penyebab keluhan anda adalah memang karena alergi. Alergi tidak harus terjadi sejak kecil karena bisa saja baru muncul saat dewasa dan tidak selalu terjadi di satu tempat atau dalam gambaran klinis yang sama. Alergi ada yang muncul berupa rinitis alergi (sering bersin dan keluar ingus encer), gatal di kulit termasuk telinga dan lain sebagainya.

    Jika saat ini keluhan bukan hanya gatal namun juga nyeri maka bisa jadi penyebabnya adalah karena infeksi. Infeksi bisa terjadi pada telinga luar (otitis eksterna) ataupun pada telinga tengah (otitis media). Penyebabnya bisa terjadi karena infeksi baik oleh bakteri maupun jamur.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda apakah benar mengalami otitis eksterna atau sebab lainnya maka harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter terutama spesialis THT baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Pengobatan yang diberikan pada infeksi telinga luar atau otitis eksterna antara lain antibiotik baik obat minum maupun berupa tetes telinga jika penyebabnya kerena infeksi bakteri. Namun jika karena jamur maka dapat diberikan antijamur. Bisa juga diberikan obat simptomatik lainnya untuk mengurangi gejala, seperti paracetamol untuk penghilang nyeri dan obat lainnya. Anda bisa meminta pendapat kedua (second opinion) dari dokter spesialis THT lainnya di kota anda untuk lebih meyakinkan anda.
    Silakan baca artikel berikut:

    Telinga Gatal : Penyebab dan Obatnya

    Infeksi Telinga : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Pusing Akibat dari Telinga Gatal?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.