• Ainuraeni

    Selamat pagi dok, saya mau bertanya mengenai bayi yang suka tengkurep. Apakah itu berbahaya atau ada manfaatnya? Terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bahaya bayi tengkurap. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh orang tua  yang memiliki anak bayi dan balita terkait tumbuh kembangnya termasuk saat bayi tengkurap.

    Posisi tengkurap memang merupakan salah satu fase tumbuh kembang bayi. Ketika bayi berhasil melakukan posisi tengkurap maka artinya bayi mulai menunjukkan perkembangannya, Hal ini aman dan normal terjadi.

    Namun harus dipastikan saat tengkurap hidung yang menjadi jalan napasnya tidak tertutup sehingga bayi tetap bisa bernapas sempurna.

    Untuk mengetahui tumbuh kembang bayi dan anak, ada beberapa cara perhitungan kemajuan tumbuh kembang bayi dan balita yang bisa digunakan, salah satunya yang termudah dan bisa digunakan orang tua dirumah adalah skor KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan).

    Skrining KPSP ini bisa digunakan hingga anak usia 72 bulan, dengan jadwal pemeriksaan pada umur 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60, 66, dan 72 bulan. Bila anak berusia di antara jadwal pemeriksaan KPSP maka yang digunakan adalah yang lebih kecil dari usia anak.

    Misalnya, anak anda berusia 10 bulan maka yang digunakan adalah KPSP 9 bulan. Pada kasus anda, anak anda berusia 13 bulan maka KPSP yang digunakan adalah KPSP 12 bulan.

    Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab orang tua dengan memperhatikan kebiasaan anak atau orang tua bisa langsung mencobakan langsung pada anaknya untuk mengetahui apakah anak mampu melakukan hal tersebut atau tidak.

    Silakan anda baca artikel berikut ini untuk mendapatkan pertanyaan seputar hal apa saja yang seharusnya sudah bisa anak anda lakukan pada usianya saat ini:

    Perkembangan Anak 1 Tahun, Harus Bisa Apa?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Bayi Tengkurap itu Bahaya atau Ada Manfaat Lain

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.