• Assalamualaikum dok, umur saya 15 tahun. Tanggal 9 oktober lalu saya jatuh lalu diberitahu kalau tulang siku saya bergeser dan ada patah sedikit di bagian tulang hasta dengan penggumpil nya(dibagian atas/yang membentuk siku) ,lalu tangan saya di operasi.

    Setelah itu tanggal 13 oktober saya di operasi lagi pasang semacam kawat lalu dilepas setelah 6 minggu bersamaan dengan gips nya.

    Senin kemarin saya lepas gips dan tangan saya sudah tidak bengkak lagi, tapi malah agak miring, kata orang itu hanya otot nya bukan tulang.

    Sehari setelahnya, saya mulai gerakkan sedikit sedikit. Tetapi saat saya bangun tidur tangan saya bengkak lagi dan tambah sakit seperti habis jatuh.

    Apakah bengkak yang saya alami itu normal?

    Apakah tangan saya masih bisa kembali normal seperti saat sebelum jatuh?

    Mohon sarannya:)

    Selamat Pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bengkak pada tangan pasca pelepasan gips. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Setiap tindakan medis pasti memiliki risiko kesehatan yang dapat muncul, termasuk tindakan pembedahan atau operasi yang dilakukan pada kasus patah tulang (fraktur).

    Namun sebenarnya frekuensi timbulnya resiko atau komplikasi ini bisa ditekan sehingga tidak terlalu sering terjadi dengan beberapa upaya.

    Komplikasi yang muncul setelah prosedur operasi fraktur atau patah tulang antara lain mulai dari alergi terhadap obat anestesi, perdarahan, infeksi hingga timbul nyeri dan bengkak pasca operasi.

    Pada kasus yang anda alami, bengkak muncul pasca pelepasan gips. Bengkak yang terjadi harus dipastikan apakah terjadi karena gerakan berlebihan yang anda lakukan, proses penyambungan tulang yang masih belum sempurna, infeksi atau karena sebab lainnya.

    Banyak kemungkinan penyebab keluhan tersebut. Oleh karena itu perlu dipastikan dengan pemeriksaan secara langsung oleh dokter terutama dokter ortopedi (bedah tulang).

    Secara umum untuk mengurangi bengkak dapat dilakukan dengan beberapa berupa antara lain :

    1. Melakukan pengompresan dengan air dingin atau es pada area yang bengkak untuk mengurangi inflamasi atau peradangan dan bengkak yang muncul.
    2. Istirahatkan bagian tubuh yang bengkak dan jangan melakukan aktivitas berat atau terlalu memforsir bagian tubuh tersebut dalam melakukan aktivitas.
    3. Jika bengkak belum berkurang dengan cara – cara di atas, maka dapat digunakan obat anti inflamasi yang berperan untuk mengurangi bengkak/ inflamasi dan nyeri yang muncul.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Bengkak Sesudah Operasi Patah Tulang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    Terima kasih Dok atas jawabannya.

    Saya tadi sudah photo rontgen ternyata tidak ada masalah dengan tulang saya. Apakah bengkak tersebut terjadi gegara pergerakan yang terlalu berlebihan?

    Tetapi bukankah jika tidak digerakkan otot akan menjadi lebih kaku? Lalu apakah fisioterapi bisa jadi sangat membantu? Apa yang harus saya lakukan agar tangan saya bisa bergerak normal lagi?

    Sekali lagi terima kasih atas perhatian sebelumnya.

Beranda Tanya Dokter Apakah Bengkak Setelah Lepas Gips itu Normal

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.