• Mirawati

    Malam dokter, anak saya 12 bulan sekarang lagi mencret dok, sekarang masih saya beri asi. Tapi asi saya sedikit keluar dok, karena anak saya butuh cairan dok, apakah boleh saya beri susu formula dok?

    Untuk pertama kali nya dok? Saya takut alergi dan tidak cocok dok, Kasih saya solusi nya dok, apakah saya beri susu formula untuk pertama kali nya dulu apa tidak dok? Terimakasih dok

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan mencret pada bayi. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Neonatus atau bayi baru lahir memiliki rentang usia 0 hari sampai 1 bulan. Definisi bayi sendiri merupakan anak dengan usia 1 bulan hingga 1 tahun. Tiap bayi memiliki pola buang air besar (BAB) yang berbeda.

    Namun menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia  frekuensi BAB normal pada bayi dengan usia 6 hingga 12 bulan berlangsung sekitar 2- 4 kali dalam sehari.

    Pada bayi baru lahir frekuensi BAB bisa berlangsung 4- 10 kali dalam sehari dan hal ini masih dianggap normal dan bukan termasuk diare.

    Ada beberapa hal yang mempengaruhi frekuensi buang air besar pada bayi antara lain ASI atau susu formula yang di konsumsi, makanan tambahan pendamping ASI, pola makan dan minum, aktivitas, dan juga kecepatan tubuh bayi untuk mencerna makanan yang masuk.

    Adanya perubahan pada salah satu faktor tersebut maka gangguan pada buang air besar bisa saja terjadi.

    Jika buang air besar pada bayi anda berlangsung lebih dari 3 kali dalam sehari dengan konsistensi tinja berubah menjadi lebih cair maka disebut dengan diare.

    Penyebabnya beraneka ragam kebanyakan terjadi karena infeksi baik karena virus, bakteri atau sebab lainnya seperti alegi susu formula dan sebagainya.

    Penanganan diare yang paling utama adalah dengan terapi rehidrasi, yaitu mengembalikan cairan tubuh yang hilang lewat diare maupun muntah.

    Selain itu obat-obatan dapat diberikan untuk meringankan gejala seperti antibiotik jika penyebabnya karena bakteri, obat anti mual dan muntah, obat penurun demam dan lain sebagainya.

    Oleh karena saat diare, terapi cairan sangat penting maka perlu dipastikan anak anda mendapat cairan yang cukup. Cairan yang diperoleh tidak harus dari ASI apalagi saat ini usia anak anda sudah 12 bulan. Sumber cairan yang lain seperti air putih, cairan oralit, jus buah yang manis, maupun susu formula (selama tidak alergi) bisa diberikan pada anak anda.

    Silakan baca artikel berikut:

    9 Penyebab Mencret Diare dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Boleh Bayi yang Menceret di Kasih Susu Formula

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.