• Ass. Malam dok , saya sudah mengkonsumsi pil kb sekitar kurang lebih 6 bulan . Pil kb yg saya gunakan yg 28 pil . Mens saya selalu pas dengan pil plasebo , lalu jika pil saya sudah habis saya memulai minum lg diurutan yg sesuai hari pil saya habis ,bukan di pil yg plasebo itu . Apakah selama ini saya salah ? Terimakasih dok sebelumnya

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang cara minum pil KB. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    KB memiliki manfaat yang sangat baik karena berfungsi melindungi agar seorang wanita tidak hamil termasuk halnya dengan pil KB. Namun penggunaan atau cara minum pil KB harus benar agar mendapatkan efek proteksi dari kehamilan seperti yang diharapkan. Waktu terbaik untuk mulai minum pil KB adalah saat menstruasi, yakni antara hari pertama menstruasi sampai hari kelima menstruasi.

    Dengan cara ini maka kontrasepsi akan langsung bekerja sehingga anda akan langsung terlindung dari kehamilan setelah menstruasi selesai. Jika anda tidak mengkonsumsi pil KB dengan waktu di atas, maka anda tidak langsung terlindung dari kehamilan karena efek kontrasepsi tidak bekerja saat itu juga.

    Anda perlu menunggu kurang lebih 1 minggu agar pil KB ini mulai bekerja dan selama saat itu maka perlu digunakan cara KB lainnya misalnya dengan penggunaan kondom.

    Pada saat menstruasi anda mengkonsumsi pil plasebo atau jika masa menstruasi masih ada namun pil plasebo sudah habis maka tidak perlu mengkonsumsi. Yang terpenting adalah saat tidak mens pil hormonal wajib anda minum dan jangan sampai tertinggal.

    Untuk penjelasan lebih detail silakan konsultasi langsung dengan dokter di daerah anda.

    Silakan baca artikel berikut:

    Cara Benar Minum Pil KB

    Pil KB Yasmin – Manfaat dan Efek Samping

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Cara Minum Pil Kb Saya Salah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.