• Permisi dok, saya takut gendang telinga bocor, karena kemarin malam saya menguap, singkat dan sangat kuat sehingga membuat bunyi seperti ‘krek’, keadaan saya sedang batuk pilek, lalu tiba2 telinga saya yang tadinya sedikit budek karena pilek tiba2 terbuka bisa mendengar kencang.

    Lalu setelah itu terasa nyut2an di bagian dalam telinga seperti di gendang telinga, saya biarkan lalu saya tidur, saat jam stngah 1 malam sy tiba2 terbangun karena sakit yang hebat dari dalam telinga, dari belakang telinga,leher,rahang mulai membengkak dan sakit, saya tidak tidur semalaman karena menahan sakit di dalam telinga, saat pagi tlinga sy terus2an berbunyi hingga sakit sekali rasanya, sakit pun menjalar hingga ke geraham sehingga saya tidak bisa mengunyah.

    Lalu telinga saya mendengung dan sering sekali keluar cairan berwarna seperti orange sangat cair, kira2 apa yang terjadi dok? Sampai siang pun telinga masih terasa nyut2an di dalam.

    Trimakasih

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bunyi klik atau krek saat seseorang menguap lebar biasanya terjadi karena dislokasi pada sendi temporo mandibular junction. Gejala yang timbul setelahnya adalah rasa nyeri terutama saat membuka mulut terlalu lebar misalnya saat makan dan menguap atau bisa juga terasa nyeri saat berbicara.

    Untuk mengatasinya maka perlu dilakukan reposisi dari pergeseran sendi ini dan pasien juga dilarang untuk menggerakkan rongga mulutnya terlalu sering sehingga pasien disarankan untuk makan yang lunak dan puasa berbicara. Namun alangkah baiknya untuk memastikan penyebab keluhan anda bisa dilakukan pemeriskaan secara terlebih dahulu oleh dokter.

    Gendang telinga atau membran timpani merupakan selaput yang ada di telinga tengah. Membaran timpani ini bisa pecah karena beberapa hal yang paling sering adalah karena infeksi telinga tengah. Infeksi di bagian telinga ini bisa terjadi karena penjalaran dari infeksi di saluran  napas. Jika terjadi infeksi telinga maka ada beberapa gejala yang bisa terjadi antara lain nyeri telinga, keluar cairan dari telinga, penurunan pendengaran dan lain sebagainya.

    Namun untuk memastikan keluhan yang anda rasakan pada telinga adalah akibat infeksi telinga atau bukan maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter terutama dokter spesialis THT. Pengobatan yang diberikan harus sesuai dengan penyebab keluhan.

    Bunyi Klik dan Sakit Saat Membuka Rahang

    Gendang Telinga Pecah : Penyebab, Gejala, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Tanda Gendang Telinga Bocor?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.