• Sore dok..hari selasa anak saya yang berumur 2 tahun 9 bulan pilek, malam nya demam, saya kasi ibuprofen, langsung turun panasnya satu hari.

    hari kamis nya panas lagi,sore nya saya bawa ke dokter anak,di kasih obat panas,pilek,batuk,antibiotik sama vitamin..kata dokter kalau panasnya enggak juga turun sabtu pagi harus dcek lab.

    .sepulang nya dari dokter saya langsung kasih obatnya,panasnya langsung turun sampai sekarang dok, itu saya baru kasih 1 x obat panas,cuma  pilek sama batuk nya masih bandel,,selera makannya juga kurang,,yang mau saya tanyakan apa saya harus tetap melakukan cek lab terhadap  anak saya dok?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius. Penyebabnya beraneka ragam, antara lain bisa karena kondisi badan yang terlalu lelah, kekurangan cairan (dehidrasi), keganasan, atau penyebab tersering adalah karena infeksi. Infeksi yang terjadi bisa karena bakteri, virus, jamur ataupun mikroorganisme lainnya. Infeksi yang menimbulkan demam bisa terjadi pada saluran napas, cerna dan lainnya. Pada kasus anak anda dimana demam disertai batuk pilek maka kemungkinan besar infeksi terjadi di saluran napas.

    Demam yang berlangsung selama 4 hari atau lebih memang mengindikasikan perlunya dilakukan pemeriksaan darah di laboratorium. Jika pada kasus anak anda sudah turun maka tidak perlu dilakukan pemeriksaan lab. Namun perlu diperhatikan dan diwaspadai kondisi umum anak. Jika anak masih aktif bermain, tak ada keluhan lain yang menyertai selain nafsu makan yang menurun, serta masih mau banyak minum maka tak perlu dilakukan cek darah. Namun jika anak malas minum, tidak aktif bermain atau tampak lemas maka perlu dilakukan pemeriksaan kembali.

    Untuk menjaga anak kekurangan cairan akibat demam maka anda  bisa memberikan asupan cairan dalam jumlah cukup pada anak anda baik dengan air putih, jus buah, susu ataupun minuman lainnya yang memang diinginkan anak selama higienitasnya terjamin. Observasi atau amati keadaan anak anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Harus Diperiksa Lab Ketika Demam?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.