• Assalamualaikum dok, saya mau tanya. Saya ini remaja  masih berusia 17 tahun. Dari kecil saya mempunyai suatu keadaan yang sangat mengganggu diri saya dok.

    Telapak tangan dan kaki saya selalu basah dan dingin dalam keadaan apa pun. Akhir-akhir ini juga tulang bagian dada dan punggung terasa sakit sekali dok. Banyak yang bilang itu gejala jantung lemah.

    Apa itu semua benar dok. Lalu apakah berbahaya?

    Mohon penjelasannya dan saranya dok. Terima kasih.

    Wassalamualaikum wr.wb

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab tangan mudah basah dan dingin bisa dialami oleh beberapa individu, bisa karena reaksi normal tubuh ataupun juga karena penyakit tertentu. Beberapa penyebab keluhan tersebut antara lain:

    • Pengaruh psikosomatis. Keluhan tangan mudah basah dan dingin sering terjadi pada individu yang mudah gugup dan cemas. Individu seperti ini sering sekali mengalami stress akibat kondisi yang dihadapinya, misal saat individu tersebut masuk ke lingkungan baru dan lain sebagainya. Sebagian besar orang yang mudah cemas akan mengalami tangan yang berkeringat dan mudah dingin.
    • Individu yang memiliki kecendrungan overhidrasi (keringat berlebih). Pada individu seperti ini, keadaan biasa saja bisa menghasilkan keringat yang banyak terutama pada tangan dan kaki. Apalagi saat aktivitas padat, suhu panas dan lain sebagainya.
    • Hipertiroid merupakan penyakit gangguan fungsi kelenjar tiroid dimana kadar hormon tiroid melebihi normal. Keluhan yang muncul bisa berupa keringat berlebihan, namun disertai juga dengan keluhan lainnya antara lain jantung berdebar, tangan gemetaran, mata melotot, berat badan menurun, badan mudah kepanasan dan lain sebagainya
    • Penyebab lain

    Keluhan – keluhan yang anda alami tidak khas pada penyakit jantung. Jika karena sakit jantung biasanya akan disertai keluhan lain seperti mudah lelah, sesak, kebiruan dan lain sebagainya tergantung dari jenis penyakit jantungnya. Jika keluhan hanya berupa keringat berlebih tanpa disertai keluhan nyeri dan lain sebagainya, maka sebenarnya tak perlu pengobatan khusus. Namun jika keluhan sangat mengganggu ataupun disertai keluhan lainnya maka perlu dilakukan pemeriksaan diri secara langsung ke dokter.

    15 Tips Mengurangi Keringat Berlebih Dengan Aman

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Telapak Tangan dan Kaki Selalu Dingin Adalah Gejala Penyakit Jantung Lemah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.