• fiskaaruan

    Selamat siang dok, saya fiska usia 20 tahun. Saya sehari hari bekerja dan kuliah. kerja dari jam 8 sampai jam 5. kuliah dari jam 6 sampai jam 11 malam. kadang baru tidur jam 12 malam. setiap hari begitu.

    Nah, bulan november lalu saya tiba tiba saya kena gejala tipes. Nah, sejak bulan november inilah saya menstruasi sampai awal bulan desember.

    Setelah berhenti menstruasi, sampai saat ini setiap habis buang air kecil pasti keluar gumpalan darah. kadang kayak gumpalan darah beku, kadang cair. kadang enggak saat buang air kecil pun ada keluar sedikit.

    Padahal enggak lagi menstruasi. berat badan saya pun turun 5 kg. Apa ini bahaya dok? apa ini ciri kanker serviks? atau cuma karena saya kelelahan dan stress berat karena kerjaan dan tugas kuliah yang numpuk? mohon bantuannya dok, saya khawatir sekali:(

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan mens lama. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Siklus haid normal berlangsung antara 21 hingga 35 hari dengan durasi haid berlangsung antara 4 hingga 7 hari. Jumlah darah yang keluar selama haid kurang lebih sebanyak 10 hingga 80 ml. Jika haid berlangsung lama (lebih dari 7 hari) atau darah yang keluar banyak (lebih dari 80 ml) maka disebut juga sebagai menorhagia.

    Ada banyak penyebab menorhagia yaitu antara lain sebagai berikut:

    1. Hormon tidak stabil
    2. Tumor jinak uterus (fibroid uterine)
    3. Polip pada rahim
    4. Kanker serviks (kanker leher rahim)
    5. Peradangan atau infeksi organ-organ pada rongga pelvis
    6. Penyakit hati atau ginjal
    7. Penyakit darah.
    8. Kelainan koagulasi atau pembekuan darah.
    9. Anemia
    10. Obesitas
    11. Efek samping pemakaian kontrasepsi IUD.
    12. Dan lain sebagainya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa di lakukan pemeriksaan fisik dan atau pun penunjang.

    Ada baiknya bagi anda yang sudah pernah berhubungan seks agar bisa rutin memeriksakan kesehatan organ reproduksi nya dengan rutin melakukan pemeriksaan papsmear guna mendeteksi kelainan pada rahim anda sedini mungkin.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Haid Tidak Teratur : Sering Datang Bulan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Ini Ciri Ciri Kanker Serviks atau Penyakit Lainnya

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.