• Dokter saya ingin bertanya, hidung saya khususnya pada bagian tulang yang dekat diantara dua mata rasanya sakit. Jika pipi saya ditekan rasanya agak nyeri, hidung saya juga daya penciumannya berkurang, sering mampet apabila malam hari tetapi tidak berlendir . Gejala apakah itu dok ? Terimakasih dok.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Informasi tentang sinusitis sebenarnya sudah banyak dijelaskan dalam forum ini. Sinusitis merupakan infeksi pada rongga sinus. Sinusitis terbagi dua yakni sinusitis akut (gejala muncul kurang dari 4 minggu) dan sinusitis kronik (gejala muncul lebih dari 12 minggu. Gejala sinusitis secara umum antara lain sebagai berikut:

    • Nyeri pada area wajah yang terkena (misalnya: dahi, bagian bawah mata, area di antara dua mata,sekitar alis, ataupun area sekitar pipi)
    • Rasa tersumbat pada hidung
    • Keluar sekret ingus pada hidung ( sekret bisa berwarna putih hingga kuning kehijauan)
    • Penciuman berkurang
    • Gejala lain yang bisa muncul antara lain: demam, susah bernafas, lemas, dan sakit gigi.

    Selain berdasarkan gejala di atas, untuk menegakkan diagnosis sinusitis juga perlu dilakukan pemeriksaan foto rontgen waters untuk melihat adanya cairan yang terperangkap dalam rongga sinus. Oleh karena itu untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung oleh dokter. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan itu sendiri.

    Silakan baca artikel berikut:

    9 Gejala dan Ciri-ciri Sinusitis

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gejala Apakah Jika Hidung Sakit dan Daya Penciuman Berkurang?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.