• Dokter, saya Widia umur 23 tahun. Saya tidak haid selama 1 bulan lebih dan hasil testpack menunjukan positif. Tetapi saya tidak merasakan seperti tanda-tanda kehamilan yang lainnya seperti morning sickness dan lain-lain. Berat badan saya juga tidak bertambah. Apakah janin yang saya kandung berkembang ? Mohon penjelasannya dok. Terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tanda – tanda kehamilan dibedakan menjadi tanda mungkin hamil dan tanda pasti hamil. Tanda mungkin hamil berupa menstruasi yang tidak kunjung datang, perut yang semakin membesar, keluhan mual dan muntah yang sering dikeluhkan terutama di usia – usia awal kehamilan, hingga pemeriksaan test pack yang menunjukkan hasil positif. Tanda pasti hamil bisa diketahui dengan pemeriksaan USG yang menunjukkan adanya kantung kehamilan di dalam rahim dan adanya detak jantung janin.

    Pada minggu – minggu awal kehamilan memang kerap kali belum menunjukkan tanda kehamilan sejelas dibandingkan usia kehamilan yang lebih tua. Beberapa wanita ada yang mengalami mual dan muntah, nafsu makan meningkat, berat badan bertambah dan lainnya. Namun beberapa wanita juga belum menunjukkan perubahan fisik yang terlihat jelas meskipun janin dalam kandungannya tetap tumbuh dan berkembang dengan baik. Sebenarnya hal ini sangat lazim terjadi pada saat awal kehamilan.

    Untuk memastikan perkembangan janin yang anda kandung tidak bisa berdasarkan hal di atas. Harus dilakukan pemeriksaan secara langsung, terutama dengan pemeriksaan USG untuk mengetahui tumbuh kembangnya janin dalam rahim. Oleh karena itu silakan periksakan diri anda secara langsung ke dokter.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Beneran Hamil? Inilah Tanda- Tanda Kehamilan Mingggu Pertama

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Janin Berkembang Apabila Berat Badan Tidak Bertambah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.