• Assalamualaikum,Dok.. saya mau bertanya.. apakah keloid bekas operasi yang berada di tangan bisa hilang dengan menggunakan salep? Contoh salep nya apa dok? Dan apakah bisa juga dengan suntik keloid (kata orang) ?

    Dan bagai mana prosedur dari suntik keloid ? Lebih baik menggunakan salep atau di suntik keloid dok untuk hasil yang lebih cepat? Karena pacar saya ingin masuk tes akpol… mohon bantuannya dok.. terima kasih.. wassalamualaikum..

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan keloid. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keloid merupakan jaringan parut yang muncul pada kulit akibat pertumbuhan yang berlebihan setelah penyembuhan luka. Pada keloid, kulit akan tampak menonjol atau lebih timbul daripada jaringan kulit yang sehat.

    Keloid bisa tumbuh dimana saja ketika bagian tersebut mengalami luka. Keloid bisa muncul di dada, punggung, kaki, tangan dan lain sebagainya.

     

    Ada beberapa kondisi yang mencetuskan timbulnya keloid misalnya bekas jerawat, bekas jajar, bekas jatuh, pasca pembedahan (operasi), setelah suntik vaksin dan lain sebagainya.

    Tidak semua orang mudah mengalami keloid. Biasanya ada orang – orang tertentu yang mudah timbul keloid pasca luka dan ini biasanya terkait genetik atau faktor keturunan.

    Keloid tidak bisa dihilangkan dengan krim jenis apapun. Pengobatan keloid paling baik dengan penyuntikan steroid intralesi.

    Penyuntikan obat ini harus di bawah pengawasan dokter. Penyuntikan juga bisa berlangsung beberapa kali hingga keloid benar – benar mengecil.

    Tindakan operatif disebut – sebut menjadi salah satu cara mengatasi keloid. Namun sebenarnya tindakan ini berisiko untuk membuat keloid baru di daerah yang mengalami tindakan operasi.

    Selain itu, terapi keloid lainnya berupa cryoterapi, laser dan masih banyak lagi.

    Silakan konsultasi langsung dengan dokter terutama dokter kulit untuk pemilihan terapi yang paling tepat bagi pasien.

    Cara Menghilangkan Keloid, Terbukti Efektif!

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Keloid Bekas Operasi Bisa Hilang

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.