• Selamat pagi dok, saya Andi usia 38 tahun. Belakangan ini saya sering merasa pusing, punggung agak nyeri dan badan pegal linu setiap bangun tidur. Apakah ini termasuk gejala kolesterol tinggi dok?

    Awalnya saya makan kerang hijau secara berlebihan, padahal sebelumnya saya belum pernah sekali pun makan kerang hijau. Apakah kerang hijau termasuk penyebab kolesterol tinggi?

    Bagaimana cara mengatasinya?

    Terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Ya, kerang merupakan salah satu makanan yang mengandung kolesterol tinggi sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan terjadi dislipidemia. Namun adanya dislipidemia tidak selalu menimbulkan gejala dan bahkan sebagian besar tak bergejala kecuali sudah ada gangguan lain seperti peningkatan tekanan darah dan sebagainya.

    Untuk keluhan yang anda alami seperti pusing, nyeri di bagian punggung dan juga badan yang pegal linu bukanlah gejala spesifik dari dislipidemia. Banyak kondisi yang menyebabkan hal tersebut. Penyebab pusing atau sakit kepala misalnya bisa karena kelelahan fisik, tekanan darah abnormal, penyakit infeksi dan masih banyak lagi. Begitu pula dengan keluhan badan pegal linu dan nyeri punggung bisa terjadi karena kekakuan otot pasca aktivitas berat, penyakit infeksi, trauma atau benturan dan masih banyak lagi.

    Oleh karena itu untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang misalnya dengan pemeriksaan darah untuk mengukur kadar profil lemak dalam darah. Terapi tergantung dari penyebab keluhan. Oleh karena itu silakan kunjungi dokter di daerah anda.

    Hindari! 13 Penyebab Sering Sakit Kepala

    Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi yang Boleh dan Tidak Dikonsumsi

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Kerang Hijau Termasuk Penyebab Kolesterol Tinggi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.