• Selamat malam dok saya mau tanya. Saya ini punya keluhan nyeri perut kiri bagian bawah sampe ke pinggang dan selangkangan pegal dan panas sudah 1 tahun. Nyerinya terus menerus setiap hari, saya juga sudah ditangani beberapa dokter. Sempat ada PID, ISK, Kista yang katanya fungsional karena dia hilang timbul apabila di USG kadang ada kadang tidak ada kadang kecil kadang besar.

    PID dan ISK sudah sembuh saya perawatan antibiotik sampai antibiotik injek. Tapi nyeri saya ini tidak hilang hilang.Saya sudah USG abdomen, BNO, USG kandungan, rontgen lumbal, sampe ct scan abdomen dan tidak nampak apapun /tidak diketahui penyakitnya . Apabila cek darah, saya hampir rutin tiap bulan, cek darah lengkap dan urin lengkap. Hasilnya selalu bagus tidak ada yg negatif.

    Akhirnya saya ke spesialis bedah digestive dan sudah saya ceritakan apa saja yang sudah saya periksakan serta membawa hasil hasilnya. Kemudian dokter memeriksa saya dan menekan perut yang sakitnya. Dokter memutuskan untuk laparoscopy, katanya di teropong langsung diliat apabila benar ada sesuatu yang akan terlihat. Yang ingin saya tanyakan, apakah laparoscopy itu bisa melihat apa saja yang ada di dalam perut (misalnya tumor,kista,radang usus atau apa saja yg lainya)? apa akan terdeteksi? dan apakah tindakan laparoscopy itu hanya untuk mendiagnosa saja atau mendiagnosa sekaligus mengobati. Misalnya terlihat kista ketika sedang di laparoscopy, apakah akan langsung dibedah kistanya atau hanya mendiagnosa saja. Mohon jawabannya dok. Teima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Laparoskopi  sebenarnya merupakan suatu teknik operasi menggunakan alat dengan diameter 5 hingga 12 mm.  Dokter dalam hal ini adalah dokter bedah akan membuat sayatan kecil berukuran sekitar 1 hingga 1,5 cm di sekitar umbilikus (pusar). Alat yang disebut laparoskop (yang merupakan sebuah tabung kecil dengan kamera dan lampu kecil pada ujungnya) akan dimasukkan ke dalam lubang sayatan tersebut. Dengan kamera yang ada maka keadaan di dalam rongga perut dan panggul bisa dilihat pada sebuah monitor.

    Gas akan dimasukkan ke dalam rongga perut dengan tujuan untuk membuat ruangan di dalam rongga perut menjadi lebih luas. Tindakan laparoskopi memiliki dua tujuan yakni:

    1.       Untuk mendiagnosis penyakit misalnya tindakan laparoskopi yang digunakan untuk melihat adanya sumbatan di organ reproduksi

    2.       Sebagai tindakan operatif untuk mengatasi penyakit misalnya tindakan laparoskopi operatif untuk mengatasi tumor jinak rahim  (mioma uteri), tumor ovarium, kista dan lain sebagainya.

    Silakan anda konsultasi dengan dokter secara langsung untuk mendapatkan penjelasan mengenai tindakan ini dan seberapa urgensinya untuk dilakukan pada keluhan yang anda alami.

    Silakan baca artikel berikut ini untuk mendapatkan penjelasan lebih detail:

    Laparoskopi : Kegunaan, Prosedur, Efek Samping

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Laparoscopy Dapat Mendiagnosa Penyakit Apa Saja yang Ada di Dalam Perut?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.