• Dear, Dokter.

    Saat ini saya telat haid sudah seminggu, harusnya tanggal 4 tapi sampai dengan sekarang (11) belum juga haid. Namun beberapa hari ini saya di diagnosa ISK dan harus konsumsi antibiotik serta obat pengurang nyeri.

    Saat saya coba test pack hasilnya samar tapi seperti positif, namun saya belum pernah berhubungan hingga keluar mani di dalam (hanya foreplay, mr. P hanya pada bibir miss V dan mani dikeluarkan di luar).

    Apakah ada hasil dipengaruhi oleh faktor faktor lain? Karena saya mengalami mual hanya pada saat stress dan asam lambung mulai tinggi. Terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang telat mens. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya

    Sebenarnya keluhan mengenai terlambat haid sudah sangat banyak dibahas dalam forum diskusi ini. Penyebabnya beraneka ragam. Berikut beberapa kemungkinan penyebab keluhan terlambat haid yaitu antara lain:

    1. Stress bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormonal sehingga menyebabkan perubahan siklus mens.
    2. Kelelahan fisik juga bisa menjadi salah satu penyebab.
    3. Berat badan yang sangat rendah, misal pada individu yang menjalani program diet ketat, vegetarian, penderita bulimia , anoreksia dsb.
    4. Obesitas atau kegemukan juga bisa menyebabkan terjadinya keluhan telat mens
    5. Sindrom polikistik ovarium. Kista menyebabkan ketidakseimbangan hormonal
    6. Kehamilan
    7. KB hormonal terutama KB suntik 3 bulan. Pada beberapa wanita pengguna KB suntik 1 bulan juga bisa mengalami keluhan yang sama.
    8. Awal menopause juga menyebabkan keluhan telat mens
    9. Dan lain sebagainya

    Pemeriksaan dengan menggunakan tes pack (alat tes kehamilan) sendiri baru bisa menunjukkan hasil akurat jika dilakukan sekitar 2 hari sebelum waktu menstruasi selanjutnya atau 14 hari setelah anda berhubungan badan di masa subur ( waktu ovulasi). Tes pack mulai dapat mendeteksi kadar hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) pada kadar 20 mIU.

    Hasil tes kehamilan menunjukkan hasil positif jika terdapat dua garis yang nampak pada alat tes tersebut. Garis kedua yang muncul bisa tampak samar atau bisa juga terlihat jelas. Hal ini tergantung dari konsentrasi hormon hCG yang terkandung dalam urine yang diperiksa.

    ISK dan obat antibiotik serta obat penghilang nyeri harusnya tidak membuat hasil positif pada tes pack. Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan langsung ke dokter.

    Penyebab Telat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Obat dan ISK Dapat Mempengaruhi Hasil Test Pack?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.